Benchmarking Pascasarjana Unram Dengan PPII

Hasil dari Benchmarking Workshop Kurikulum dan Pengelolaan Jurnal Nasional Terakreditasi ini menunjukkan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam hal penyusunan kurikulum yang lebih relevan dan pengelolaan jurnal yang memenuhi standar akreditasi nasional.

Selama workshop, para peserta, yang terdiri dari akademisi, pengelola jurnal, dan pemangku kepentingan lainnya, terlibat dalam diskusi intensif dan berbagi pengalaman terkait tantangan yang mereka hadapi serta solusi inovatif yang telah berhasil diterapkan di institusi mereka. Salah satu hasil utama dari workshop ini adalah terciptanya kesadaran yang lebih mendalam tentang pentingnya menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.

Peserta berhasil mengidentifikasi praktik-praktik terbaik dari institusi lain yang dapat diadopsi untuk memperbaiki dan mengembangkan kurikulum di institusi masing-masing, seperti integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran, penerapan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan penguatan kerjasama dengan industri untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Di sisi lain, pengelolaan jurnal juga menjadi fokus utama dalam workshop ini. Para peserta mendapatkan wawasan yang berharga mengenai langkah- langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang mereka kelola, termasuk perbaikan dalam proses review naskah, peningkatan keterlibatan reviewer yang kompeten, serta strategi untuk meningkatkan visibilitas jurnal melalui indeksasi dan promosi yang lebih efektif. Workshop ini juga berhasil memfasilitasi terciptanya rencana aksi konkret bagi pengelola jurnal, yang mencakup peningkatan mutu konten, optimalisasi manajemen editorial, dan upaya proaktif untuk mendapatkan dan mempertahankan akreditasi nasional. Salah satu hasil penting lainnya adalah terbentuknya jaringan kerjasama yang lebih kuat antar institusi pendidikan, yang berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan penelitian.

Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak hanya berhasil mencapai tujuannya dalam mendorong peningkatan kualitas kurikulum dan pengelolaan jurnal, tetapi juga membuka peluang untuk kerjasama yang lebih luas antar institusi pendidikan di Indonesia. Dengan hasil-hasil yang dicapai ini, diharapkan institusi pendidikan mampu terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan berkontribusi secara signifikan dalam mencetak lulusan yang unggul, serta menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Jurnal pacsarjana Unram (Journal of Classroom Action Research/ JCAR) telah memiliki dokumen MoU antara JCAR dengan PPII yang berlaku dari tahun 2024-2028.

   

Share This Story, Choose Your Platform!

Go to Top