Magister Pendidikan IPA Home2025-02-14T02:11:26+00:00

Magister Pendidikan IPA

Pascasarjana Universitas Mataram

Sejarah Magister Pendidikan IPA

Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengalami perkembangan yang sangat pesat karena dukungan Ilmu Pengetahuan Alam, karena itu, pengembangan pendidikan IPA mempunyai peran penting untuk menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram didirikan pada tahun 2007 dan Telah terakrediatasi BAN -PT dengan Nilai B sesuai SK No: 14150/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/II/2022 yang berlaku hingga Tahun 2027. Program Studi magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram mempunyai tenaga pengajar dengan kualifikasi Profesor dan Doktor yang memiliki berbagai prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Beberapa lulusan Program Studi Magist er pendidikan IPA mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 d i dalam maupun luar negeri dan beberapa diantaranya telah menjadi dosen di PTN maupun PTS terkemuka serta menduduki jabatan penting pada instansi masing-masing

Profil Lulusan
  1. Pendidik profesional dalam bidang pendidikan IPA.
  2. Peneliti unggul dalam bidang pendidikan IPA.
  3. Pengembang dan Inovator pendidikan IPA.
Mengpa Memilih Magister Pendidikan IPA
    • Gedung Perkuliahan yang nyaman
    • Ruangan Kuliah Exclusive
    • Ruang Belajar Mandiri
    • Akses Internet 24 Jam
    • Perpustakaan
    • Ruang Ujian Tesis
    • Elektronik Journal

Pengelola Magister Pendidikan IPA

Visi, Misi, dan Tujuan Magister Pendidikan IPA

Menjadi Program Studi Magister Pendidikan IPA berwawaan ekowisata, berbasis riset, dan berdaya saing internasional pada tahun 2025

Mengembangkan  Pendidikan IPA berwawasan ekowisata, berbasis riset berdaya saing internasional

Penjelasan makna visi keilmuan tersebut sebagai berikut:

  1. Pendidikan IPA. IPA mempunyai dua aspek penting, yaitu pengetahuan dan metode dalam memperoleh pengetahuan itu sendiri. Sementara itu Pendidikan IPA adalah proses pembelajaran yang mengajarkan konsep dan prinsip ilmiah terkait IPA.
  2. Berwawasan Ekowisata. Berwawasan ekowisata merujuk pada pendidikan karakter pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.
  3. Berbasis Riset Berdaya Saing Internasional. Berbasis riset berdaya saing internasional merujuk pada pendekatan pendidikan dan penelitian yang berfokus pada kualitas dan inovasi, dan mampu bersaing ditingkat global.
  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) berbasis riset, berstandar nasional, dan bereputasi internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan IPA berwawasan ekowisata dan mempublikasikannya secara nasional dan internasional.
  3. Menerapkan hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri

Program Studi MPIPA Pascasarjana Unram bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu mengembangkan pendidikan dan pembelajaran dengan mengintegrasikan technological, pedagogical, content knowledge (TPACK) berbasis riset, berstandar nasional, dan bereputasi internasional.
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis penelitian pendidikan IPA berwawasan ekowisata serta mempublikasikannya secara nasional dan
  3. Mampu mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian pendidikan IPA.
  4. Mampu mewujudkan kerjasama dengan pihak lain yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian

Mengapa Pendidikan IPA Berbasis Ekowisata?

Kondisi Geografis dan Lingkungan
NTB memiliki karakteristik geografis yang unik, termasuk topografi yang beragam dari pantai hingga pegunungan.
Kebutuhan Pendidikan Tinggi
Dalam konteks regional, terdapat kebutuhan yang besarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk mendukung pengembangan sumberdaya manusia yang unggul.

Go to Top