University Home2025-02-19T01:04:45+00:00

Magister Administrasi Pendidikan

Pascasarjana Universitas Mataram

Sejarah Magister Administrasi Pendidikan

Program Magister Administrasi Pendidikan di Universitas Mataram (UNRAM) resmi dibuka pada tahun 2013 sebagai bagian dari pengembangan Program Pascasarjana UNRAM. Program ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang administrasi pendidikan yang mampu mengaplikasikan keahliannya dalam berbagai sektor pendidikan, baik formal maupun nonformal. Selain itu, lulusan diharapkan mampu mengkaji, melaksanakan, dan mengabdikan ilmunya demi perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Pada tahun 2018, terjadi restrukturisasi di UNRAM di mana program studi magister dan doktor yang monodisiplin atau linier dengan program sarjana (S1) diserahkan pengelolaannya ke fakultas terkait. Namun, informasi spesifik mengenai pengelolaan Program Magister Administrasi Pendidikan pasca-restrukturisasi tersebut tidak disebutkan secara eksplisit dalam sumber yang tersedia. Program ini terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme di bidang administrasi pendidikan melalui berbagai kegiatan akademik dan penelitian.

Profil Lulusan
  • Pendidik
  • Peneliti
  • Konsultan Pendidikan
  • Mnager Pendidikan
Mengapa memilih MAP
    • Gedung Perkuliahan yang nyaman
    • Ruangan Kuliah Exclusive
    • Ruang Belajar Mandiri
    • Akses Internet 24 Jam
    • Perpustakaan
    • Ruang Ujian Tesis
    • Elektronik Journal

Mengapa Magister Administrasi Pendidikan?

  1. Visi dan Misi yang Kuat
  2. Kurikulum Komprehensif
  3. Profil Lulusan yang Jelas
  4. Fasilitas dan Layanan Pendukung
  5. Jaringan Kerja Sama yang Luas

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan karier dan kontribusi di bidang pendidikan.

 

Magister Administrasi Pendidikan

Mengembangkan keilmuan administrasi pendidikan wilayah kepulauan dengan tata kelola yang modern, berbasis riset dan berdaya saing internasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang administrasi pendidikan yang berkualitas berbasis riset dan berdaya saing internasional dengan berkolaborasi bersama lembaga/institusi dalam dan luar negeri.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang administrasi pendidikan yang berkualitas berbasis riset dan berdaya saing internasional dengan berkolaborasi bersama lembaga/institusi dalam dan luar negeri.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu administrasi pendidikan berbasis riset dan berdaya saing internasional dengan berkolaborasi bersama lembaga/institusi dalam dan luar negeri.
  4. Menyebarluaskan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah terindeks, dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, pengabdian serta praktek pengelolaan pendidikan berkualitas.
  5. Mengembangkan    dan    meningkatkan     kualitas tata kelola lembaga pendidikan di wilayah kepulauan melalui kemitraan dengan berbagai institusi/lembaga
  1. Menghasilkan Pendidik madya yang kompeten dan profesional bidang administrasi pendidikan pada level perguruan
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan dan administrator yang profesional pada satuan pendidikan persekolahan dan atau pendidikan tinggi yang mempersyaratkan kompetensi di bidang administrasi pendidikan.
  3. Menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang mampu memimpin, mengelola, mengawasi, dan mengembangkan kualitas penyelenggaraan  pendidikan yang berdaya saing internasional.
  4. Menghasilkan lulusan yang menguasai bidang ilmu dan mengimplementasikan keahliannya serta mengembangkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan yang modern di wilayah kepulauan pada berbagai  instansi/lembaga dan jenjang satuan
  5. Menghasilkan lulusan yang menguasai Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pendidikan berbasis Informasi dan Teknologi (IT).
  1. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang selaras dengan perkembangan global dan kebutuhan pendidikan di wilayah kepulauan.
  2. Meningkatkan kapasitas dosen dalam bidang administrasi pendidikan dan teknlogi pengelolaan pendidikan modern.
  3. Mengintegrasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran.
  4. meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam metodologi penelitian dan publikasi ilmiah.
  5. Mewajibkan mahasiswa untuk menghasilkan riset yang berbasis pada permasalahan nyata dalam administrasi pendidikan di wilayah kepulauan.
  6. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan institusi pendidikan di daerah kepulauan.
  7. Membangun kemitraan dengan pemeritah daerah dan lembaga pendidikan untuk pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan.
  8. Menyelenggarakan seminar dan konferensi internasional secara berkala untuk meningkatkan budaya akademik.
  9. Memberikan insentif bagi dosen dan mahasiswa yang berhasil mempublikasikan penelitian di jurnal bereputasi.
  10. Menjalin kerjasama dengan penerbit jurnal ilmiah nasional dan internasional.
  11. Meningkatkan sistem tata kelola berbasis teknologi informasi untuk efisiensi dan transparansi.
  12. Memperkuat jejaring kerja sama dengan universitas, institusi pendidikan, dan lembaga riset nasional maupun internasional.
  13. Mengoptimalkan peran alumni dalam pengembangan program studi melalui forum  alumni dan jejaring profesional

Pendidik

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran inovatif berbasis teknologi dan manajemen pendidikan serta memberikan bimbingan akademik dan pengembangan diri kepada mahasiswa dalam konteks administrasi pendidikan yang menghasilkan karya inovatif dan teruji melalui internalisasi prinsip tanggung jawab dan nilai-nilai karakter

Peneliti

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian multidisiplin di bidang administrasi pendidikan yang menghasilkan solusi praktis bagi permasalahan pendidikan yang mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dengan berbasis etika akademik dan nilai-nilai karakter.

Konsultan Pendidikan

Mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi strategi pendidikan yang efektif untuk berbagai kebutuhan. Mereka berperan sebagai fasilitator dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik di lingkungan sekolah, universitas, lembaga kursus, maupun dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi dan kebijakan publik

Manager Pendidikan

Memiliki keterampilan kepemimpinan, pengelolaan, dan inovasi yang dibutuhkan untuk mengelola lembaga pendidikan secara efektif dan efisien. Mereka akan memainkan peran kunci dalam merancang dan melaksanakan kebijakan pendidikan, mengelola sumber daya, serta meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan

Go to Top