University Home2025-09-24T01:31:23+00:00

Doktor Pendidikan IPA

Pascasarjana Universitas Mataram

Tentang Doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

Program studi doktor Pendidikan IPA memiliki visi mengembangkan Pendidikan IPA dan Kesehatan Kontekstual Berwawasan Ekowisata Berdaya Saing Internasional, serta dua konsentrasi keilmuan, yaitu Pendidikan IPA dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan. Profil lulusannya adalah sebagai Pendidik dan Peneliti. Sebagai Pendidik mencakup pengembang maupun praktisi pendidikan (dosen, guru, widyaiswara, dan penyuluh). Kami menyediakan dua jalur kuliah, yaitu jalur Course-Work dan Jalur Penelitian dengan durasi kurikulum enam semester. Kurikulum ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pengembangan pendidikan dan pembelajaran IPA dengan mendasarkan hasil kajian perkembangan penelitian terkini di bidang pendidikan IPA dan Kesehatan masyarakat dan lingkungan yang bersifat inovatif. Beberapa matakuliah utama untuk jalur Course-work meliputi: 1. Pembelajaran IPA Berwawasan Ekowisata, 2. Filsafat Pendidikan dan Desain Penelitian, 3. Trend Penelitian Pendidikan IPA, 4. Trend Penelitian Pendidikan Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan, serta 5. Inovasi Pembelajaran IPA Kontekstual Berwawasan Ekowisata, dan 6. Inovasi Pendidikan Kesehatan Masyarakat & Lingkungan Kontekstual Berwawasan Ekowisata. Sedang untuk jalur penelitian meliputi: 1. Seminar I Tema Disertasi (Literature review-1 – Isu-isu Pendidikan IPA / Kesehatan Masyarakat & Lingkungan), dan 2. Seminar II Tema Disertasi (Literature review-2 – Isu-isu Trend Penelitian Pendidikan IPA / Kesehatan Masyarakat & Lingkungan.

Mengapa Doktor Pndidikan IPA?

  1. Pengembangan Keilmuan: Program ini akan menghasilkan tenaga akademik yang memiliki keahlian khusus dalam pendidikan IPA, yang sangat diperlukan untuk mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang relevan dan efektif di NTB.
  2. Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Dengan adanya program Doktor ini, diharapkan akan meningkatkan kualitas pendidikan di NTB secara keseluruhan.
  3. Pengembangan SDM: Dengan menghasilkan lulusan doktor dalam bidang pendidikan IPA, program ini akan membantu dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di NTB.
  4. Mendorong Kolaborasi Akademik: Program ini juga dapat mendorong kolaborasi antara Universitas Mataram dengan lembaga pendidikan dan penelitian lainnya baik di dalam maupun di luar NTB, sehingga membuka peluang kerjasama yang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman akademik

Doktor Pendidikan IPA

Menjadi Program Doktor Pendidikan IPA Penyelenggara Pendidikan Berbasis Riset yang Unggul dan Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2025

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan berdaya saing internasional
  2. Melaksanakan kegiatan riset yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya program doktor berbasis riset (research university).
  3. Mengembangkan kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasar hasil riset secara berkualitas untuk mendukung terwujudnya program doktor berbasis riset (research university).
  5. Mengembangkan sistem tatakelola yang efektif dan efisien, serta transparan dan akuntabel
  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas, efektif, efisien, dan unggul;
  2. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menciptakan masyarakat ilmiah di kampus Universitas Mataram;
  3. Mengembangkan budaya riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya Program Doktor Pendidikan IPA yang Berbasis Riset;
  4. Mengembangkan budaya pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya Program Doktor Pendidikan IPA yang Berbasis Riset;
  5. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kinerja program secara berkelanjutan
  1. Meningkatan berkelanjutan pelayanan pembelajaran sesuai standar internasional melalui penerapan Prosedur Operasional Baku (POB) Penjaminan Mutu Pascasarjana Universitas Mataram
  2. Meningkatan berkelanjutan kualitas output sesuai Aturan Akademik yang ditetapkan Ditjen Dikti, BAN-PT, LAMDIK, BSNP, Universitas Mataram, Pascasarjana, dan Program Doktor Pendidikan IPA yang dituangkan pada Buku Pedoman Penyelenggaraan Akademik Pascasarjana Universitas Mataram
  3. Meningkatan berkelanjutan kualitas disertasi mahasiswa dan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, hingga jurnal internasional bereputasi
  4. Menyediakan dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara berkesinambungan dan proporsional kepada dosen Program Doktor Pendidikan IPA yang kegiatannya melibatkan mahasiswa
  5. Menyediakan sistem informasi yang mudah diakses mahasiswa dan para pemangku kepentingan (stakehorlders) berbasis Website (URL Pascasarjana Universitas Mataram dapat diakses di pasca.unram.ac.id)
  6. Meningkatan berkelanjutan sistem tata kelola aset, manajemen administrasi umum, dan manajemen keuangan sesuai POB yang ditetapkan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Mataram
  • Pendidikan IPA yang profesional

Tenaga Pendidik pada jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi, serta widysiswara dan konsultan dengan menekankan pada IPA kontekstual berbasis ekowisata, serta dengan mengembangkan pengetahuan, teknologi, pedagogi materi subjek (Technological,Pedagogical Content Knowledge-TPACK) dan keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills-HOTS).

  • Peneliti Pendidikan IPA yang jujur, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif.

Peneliti yang memfokuskan pada pendidikan IPA dan pembelajarannya dengan menekankan IPA kontekstual berbasis ekowisata pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

Program Studi Doktor Pendidikan IPA telah terakreditasi Baik Sekali. SK dan Sertifikat Akreditas dikeluarkan oleh LAMDIK, dapat diakses melalui link di bawah:

Informasi Terkini

Go to Top