Syahrial A.,S.Pd, M.Si., Lulusan Doktor Pertama dari Program Studi Doktor Pendidikan IPA Unram

Doktor Pertama di Program Doktor Pendidikan IPA, Pascasarjana UNRAM

Ujian terbuka disertasi Syahrial A., S.Pd, M.Si., lulusan doktor pertama dari Program Studi Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Universitas Mataram (Unram), menjadi sorotan akademisi dan pendidik.

Disertasi yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Kaffah pada Konsep Fluida untuk Meningkatkan Metakognisi, Karakter, dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru” ini disampaikan pada hari Senin (5/8.2024) di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram,

Disertasi ini mengangkat tema inovatif mengenai integrasi model pembelajaran Kaffah dalam pembelajaran konsep fluida di bidang fisika, yang bertujuan untuk meningkatkan tiga aspek penting bagi mahasiswa calon guru, yaitu metakognisi, karakter, dan sikap ilmiah.

Dalam presentasinya, Syahrial A., S.Pd, M.Si menjelaskan bagaimana pembelajaran sains kaffah menjadi solusi bagi permasalahan multidimensional di masa depan.

Berdasarkan makna kaffah di surat Al-baqarah ayat 208 model pembelajaran Kaffah menjadi solusi permasalahan multidimensi di masa yang akan datang. Pembelajaran Kaffah berbasis pada prinsip pembelajaran menyeluruh dan memberikan pengetahuan utuh kepada mahasiswa meliputi agama, proses, konsep, aplikasi dan kebermaknaan dapat diterapkan untuk memfasiltasi pemahaman konsep fluida dengan lebih mendalam. ‘’Model ini tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga memperhatikan pengembangan karakter dan sikap ilmiah mahasiswa sebagai calon pendidik masa depan,” ujarnya

Melalui pendekatan ini, Syahrial A., S.Pd, M.Si juga memaparkan bahwa pembelajaran Kaffah bertujuan agar mahasiswa tidak hanya memahami materi secara teoritis, tetapi juga mengembangkan sikap ilmiah yang baik dan karakter yang kuat.

Model ini dirancang untuk melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar, memotivasi mereka untuk berpikir secara kritis dan reflektif, serta membangun karakter positif yang penting dalam pendidikan.

Mahasiswa tidak hanya memahami materi secara teoritis, tetapi juga dapat mengembangkan sikap ilmiah yang baik dan karakter yang kuat,” tambahnya.

Ujian terbuka ini juga dirangkaikan dengan sesi tanya jawab yang intens. Tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. A Farid Hemon, M.Sc. sebagai Ketua Sidang; Prof. Dr. Joni Rokhmat, M.Si.; Prof. Dr. Agus Ramdani, M.Sc.; Prof. Dr. Aliefman Hakim, M.Si.; Prof. Dr. Festiyed, M.S.; Prof. Dr. H. Suhirman, S.Pd., M.Si.; dan Dr. Gunawan, M.Pd., memberikan pertanyaan-pertanyaan mendalam mengenai metodologi dan implikasi praktis dari penelitian ini.

Para penguji memuji komitmen Syahrial A, S.Pd, M.Si dalam mengembangkan model yang holistik dan aplikatif, serta relevansinya dalam konteks pendidikan guru.

Dalam akhir sesi, Syahrial A., S.Pd, M.Si mengungkapkan harapannya bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi praktik pendidikan, khususnya dalam pengembangan model pembelajaran yang mendukung calon guru dalam membangun kompetensi yang lebih komprehensif.

‘’Semoga hasil penelitian ini dapat diadopsi dan diterapkan dalam kurikulum pendidikan, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan calon guru yang lebih baikdi masa depan,’’ pungkasnya.

Ujian terbuka ini menandai pencapaian penting dalam perjalanan akademik Syahrial A., S.Pd, M.Si,dan merupakan langkah maju dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai lulusan doktor pertama dari Program Studi Doktor Pendidikan IPA Unram, Syahrial telah membuka jalan bagi mahasiswa lain untuk mengikuti jejaknya dalam mencapai prestasi akademik tertinggi

Bagikan dan Pilih Platform Anda!

Joining Over 800,000 Students Enjoying Avada Education now

Become Part of Avada University to Further Your Career.

Go to Top