Doktor Pendidikan IPA

Prof. Dr. Drs. Joni Rokhmat, M.Si.
Ketua
Dr. AA Sukarso, M.Si.
Sekretaris

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Magister Ilmu Pengetahuan Alam

Visi
“Menjadi program doktor pendidikan IPA penyelenggara pendidikan berbasis riset yang unggul dan berdaya saing internasional pada tahun 2025″

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan berdaya saing internasional
  2. Melaksanakan kegiatan riset yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya program doktor berbasis riset (research university).
  3. Mengembangkan kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasar hasil riset secara berkualitas untuk mendukung terwujudnya program doktor berbasis riset (research university).
  5. Mengembangkan sistem tatakelola yang efektif dan efisien, serta transparan dan akuntabel

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram adalah:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas, efektif, efisien, dan unggul;
  2. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menciptakan masyarakat ilmiah di kampus Universitas Mataram;
  3. Mengembangkan budaya riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya Program Doktor Pendidikan IPA yang Berbasis Riset;
  4. Mengembangkan budaya pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya Program Doktor Pendidikan IPA yang Berbasis Riset;
  5. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kinerja program secara berkelanjutan

Sasaran

Sasaran Program Studi Doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram adalah menghasilkan kualitas input, kualitas proses pembelajaran, dan kualitas output yang kompetitif, adaptif, dan berdaya saing tinggi, melalui:

  1. Peningkatan berkelanjutan kualitas input mahasiswa sesuai standar internasional
  2. Peningkatan berkelanjutan pelayanan pembelajaran sesuai standar internasional melalui penerapan Prosedur Operasional Baku (POB) Penjaminan Mutu Pascasarjana Universitas Mataram
  3. Peningkatan berkelanjutan kualitas output sesuai Aturan Akademik yang ditetapkan Ditjen Dikti, BAN-PT, LAMDIK, BSNP, Universitas Mataram, Pascasarjana, dan Program Doktor Pendidikan IPA yang dituangkan pada Buku Pedoman Penyelenggaraan Akademik Pascasarjana Universitas Mataram
  4. Peningkatan berkelanjutan kualitas disertasi mahasiswa dan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, hingga jurnal internasional bereputasi
  5. Penyediaan dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara berkesinambungan dan proporsional kepada dosen Program Doktor Pendidikan IPA yang kegiatannya melibatkan mahasiswa
  6. Penyediaan sistem informasi yang mudah diakses mahasiswa dan para pemangku kepentingan (stakehorlders) berbasis Website (URL Pascasarjana Universitas Mataram dapat diakses di www.pasca.unram.ac.id)

A. Doktor Pendidikan IPA

Pengembangan Sumber Daya Manusia yang melek IPTEKS menjadi suatu keniscayaan, dan dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi mempunyai peran yang sangat vital dan strategis. Respon positif masyarakat terhadap penguasaan IPTEKS dan pendidikan menjadi modal dasar Pascasarjana Universitas Mataram untuk membuka program studi baru khususnya jenjang doktoral. Pendirian Program Studi Doktor Pendidikan IPA merupakan jawaban atas keinginan dan kebutuhan masyarakat. Program Studi Doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram secara resmi didirikan pada tahun 2022 dengan ijin pendirian Ditjen Diktiristek Nomor 40/E/O/2022 dan telah terakreditasi BAN-PT.  Program Studi Doktor  Pendidikan IPA dengan keunikan “Pembelajaran IPA Kontekstual berbasis Ekowisata” menjadi program doktor yang berpotensi mengembangkan keunikan yang belum dikembangkan di tempat lain.  Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram diorientasikan menjadi “Pendidik IPA yang professional” dan “Peneliti Pendidikan IPA yang jujur, bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif” yang kompeten dan berdaya saing lokal, nasional, dan internasional. Dengan sistem penyelenggaraan yang dirancang semi-by research, mahasiswa hanya diwajibkan kuliah teori untuk satu semester dan sisanya melakukan research disertasi, berpotensi menyelesaikan studi dalam jangka waktu empat semester. Sistem ini akan meringankan dan menjadi solusi bagi mahasiswa, terutama yang memiliki kendala seperti pekerjaan, keluarga maupun pembiayaan bagi dosen, guru, pegawai instansi dan pengguna lainnya.

B. Profil Lulusan

  1. Pendidikan IPA yang profesional. Tenaga Pendidik pada jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi, serta widysiswara dan konsultan dengan menekankan pada IPA kontekstual berbasis ekowisata, serta dengan mengembangkan pengetahuan, teknologi, pedagogi materi subjek (Technological,Pedagogical Content Knowledge-TPACK) dan keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills-HOTS).
  2. Peneliti Pendidikan IPA yang jujur, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif. Peneliti yang memfokuskan pada pendidikan IPA dan pembelajarannya dengan menekankan IPA kontekstual berbasis ekowisata pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

C. Kompetensi Lulusan

  • Sikap.

S1: Menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah, edukatif, dan religius, yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan  norma dan etika akademik.

S2: Menunjukkan sikap dan perilaku bertanggungjawab, kolaboratif, jujur, saling menghargai, mandiri, dan memiliki daya juang tinggi.

  • Pengetahuan

P1: Menganalisis, menyintesis dan mengevaluasi konten dan pedagogi IPA dengan pendekatan kontekstual dan berbasis ekowisata secara kritis, sistematis  dan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

P2: Memahami kelebihan dan kekurangan suatu metode penelitian, kemudian mengembangkan metode yang tepat dalam penelitian untuk menghasilkan kebaruan dalam pendidikan IPA dan pembelajarannya.

  • Keterampilan Umum

KU1: Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dan memberikan kontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan penerapan nilai humaniora di bidang pendidikan dan pembelajaran IPA kontekstual berbasis ekowisata melalui penelitian ilmiah berdasarkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.

KU2: Mampu mengintegrasikan kecakapan dan berinovasi dalam mendidik, meneliti, dan membelajarkan IPA dengan penguasaan teknologi dan informasi terkini, pengembangan karir, dan kecakapan hidup untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya.

  • Keterampilan Khusus

KK1: Mampu menghasilkan karya inovatif  unggul, original dan teruji dalam bidang kurikulum, pembelajaran, metodologi penelitian, dan asesmen IPA kontekstual berbasis ekowisata.

KK2: Mampu memecahkan masalah permasalahan IPA kontekstual berbasis ekowisata dan dengan memanfaatkan teknologi terkini menggunakan pendekatan inter, multi dan transdisipliner.

KK3: Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dalam Pendidikan dan Pembelajaran IPA Kontekstual berbasis ekowisata, serta mempublikasikannya pada jurnal berkualitas untuk mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

D. Sebaran Mata Kuliah Per Semester

E. Staf Pengajar

F. Biaya Pendidikan T.A 2022/2023

Alamat

Pascasarjana Universitas Mataram
Jalan Pendidikan No. 37 Mataram – 83125


Contacts

Phone : +62 – 370 – 7506625
Facsimile : +62 – 370 – 7506625
Email : pasca@unram.ac.id
Website : www.pasca.unram.ac.id

Made with ‌

Drag and Drop Website Builder