Scroll to Top

Abstrak Tesis Magister Pend. Bhs. Indonesia

YUDISIUM JANUARI & MARET 2017

  1. Analisis Wacana Kritis Representasi Citra Aparat Penegak Hukum Dalam Media Lombok Post Lalu Muhammad Raqib Afdhal   Abstrak
  2. Relasi Cerita Rakyat Sasak Dan Samawa: Bandingan Sastra Ke Arah Pendidikan Multikultural  Syaiful Bahri  Abstrak
  3. Metafora Leksikal Dalam Teks Berita Politik Surat Kabar Lombok Post Dan Kontribusinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bi Berbasis Teks Di Sekolah Dasar: Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Lukmanulhakim   Abstrak
  4. Pelestarian Leksikon Kuliner Dalam Upacara Adat Begawe Di Sukarara Lombok Tengah Sebagai Kontribusi Terhadap Pembelajaran Muatan Lokal Di Sd (Sebuah Kajian Ekolinguistik) Siti Sijarah   Abstrak
  5. Wujud Kebudayaan Dalam Prosesi Barodak Ritual Adat Pernikahan Sumbawa Novi  Widya Utami   Abstrak
  6. Ekoleksikal Flora Dalam Tradisi Rebo Buntung Guy*Ub Tutur Masyarakat Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur Dan Kontribusinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Muatan Lokal Di Sekolah Dasar Marzuki   Abstrak
  7. Pengaruh Metode Permainan Kata Berbantuan Media Pass Picture Dan Kebiasaan Berbahasa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Di Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Hasbi Sidqi   Abstrak
  8. Terminologi  Rumah  Adat  Sumbawa: Sebuah Tinjauanan Tropolinguistik Wawan Hermansyah   Abstrak
  9. Penyusutan Leksikon Bidang Ekonomi Pada Masyarakat Tutur Bahasa Sasak Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SD Di Desa Barabali Kecamatan Batukliang Baiq Tutik Mardiati Mt   Abstrak
  10. Kekerasan Verbal Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Gunungsari Nurul Khaerani   Abstrak
  11. Konsepsi Ketuhanan Dalam Puisi O, Amuk, Kapak Karya Sutardji Calzoum Bachri Dan Relevansinya Dengan Isu Pendidikan Multikultural Burhanuddin   Abstrak
  12. Kajian semiotik drama “sumur tanpa dasar” karya Arifin C. Noer dan implikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA Rudi Karno   Abstrak
  13.  Analisis Variasi Bahasa Berita Dalam Metrotv, Sctv,Tvone Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Yuliantini   Abstrak
  14. Tindak Tutur Kesantunan Dalam  Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi  Pendidikan Karakter :Studi Pragmatik  Di SMPN 3 Selong Suharniati   Abstrak

2014/2015
Periode IV September Tahun 2015

  1. Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013  (A. Sahrul asri, abstrak)
  2. Pemertahanan Leksikon Prosesi Adat Perkawinan Masyarakat Lombok Tengah Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Di Sekolah Sebuah Kajian Ekolinguistik  (Lalu  Muhamad  Ismail, abstrak)
  3. Tindak Tutur Nggahi Panati Dalam Prosesi Lamaran Pernikahan Adat Bima: Suatu Kajian Pragmatik Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Mulok Di Sekolah. Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Mataram (Irham, abstrak)
  4. Penyimpangan Teori Brown Dan Levinson Dalam Tindak Tutur Peserta Talk Show Indonesia Lawyers Club (ILC)  Di TV ONE Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Bukhori (Muslim, abstrak)
  5. Afiksasi Dalam Bahasa Indonesia: Kesenjangan Antara Kaidah Pembentukan Kata Dengan Produktivitas Penutur Bi Di Kabupaten Sumbawa Barat (Sudirman, abstrak)
  6. Ekologi Penamaan Kelurahan Di Kota Mataram (Imam Subayil, abstrak)
  7. Penyusutan Konsepsi Leksikon Alat Pertanian Tradisional Masyarakat Bima Dan Implementasinya Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas IX Di SMPN 2 WOHA (Sebuah Kajian Ekolinguistik) (Mulyadi, abstrak)
  8. Konstruksi Bahasa Metafora Dan Seksualitas Dalam Roman Harimau-Harimau Karya Mochtar Lubis Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Di SMA (Roby Mandalika Waluyan, abstrak)
  9. MPAMA PEHE Dalam Masyarakat MBOJO: Analisis Bentuk, Fungsi, Makna, Dan Aplikasi Dalam  Pembelajaran Sastra Di Sma Tahun Pelajaran 2014-2015 (Supriadin, abstrak)
  10. Makna Dan Pesan Iklan Gambar Pada Kemasan Rokok Terbaru 2014 Dengan Kajian Segitiga Makna C.K. Ogden Dan I.A. Richards Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Semantik Di Perguruan Tinggi (Sukran Makmun, abstrak)
  11. Metafora Leksikal Dalam Terjemahan Surat Al-Baqarah Sebuah Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Wacana Di MTS (Nur Hibbansyah, abstrak)
  12. Tindak Tutur Meminta Berdasarkan Konteks Pada Bahasa Anak Usia 11 Tahun (Nurmiwati, abstrak)
  13. Cerminan Tata Nilai Cerita  Angling Darma Sasak Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Siswa  Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Sahli, abstrak)
  14. Kajian Bentuk, Fungsi Dan Makna Ungkapan Tradisional Dalam Wacana Sorong Serah Aji Krama Di Lombok Barat Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Di SMP (Sihwatik, abstrak)
  15. Transitivitas  Dalam Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru Menggunakan Pendekatan Lfs Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di  SMA (Tontowi Johari, abstrak)

2014/2015
Periode III Juni Tahun 2015

  1. Kajian Modalitas Linguistik Fungsional Sistemik Pada Teks Debat Kandidat Capres Cawapres Pilpres 2014-2019 Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Wacana Di Sekolah (Abdul Azis Faradi, abstrak)
  2. Transitivitas Pada Teks Daqaaiqul Akhbar Telaah Fungsi Ideasional Dalam Kajian Linguistik Fungsional Sistemik (Juramli, abstrak)
  3. Pidato Bupati Lombok Barat Atas Rekomendasi Pansus LKPJ67 Dprd Dan Relevansinya Dengan  Pembelajaran Wacana Di Sekolah : Kajian Linguistik Fungsional Sistemik (Hakim Usman, abstrak)
  4. Cerita Rakyat Amaq Setoweq : Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevasnsinya Terhadap Pembelajaran Analisis Wacana (Sri Sudarianti, abstrak)
  5. Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Pada Terjemahan Surat Al Insan Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Wacana Di Perguruan Tinggi (Zul Haeri, abstrak)
  6. Mantra Lo’i Keta Masyarakat Bima: Kajian Semiotika Riffaterre Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Kebutuhan Dasar Manusia Di Smk Kesehatan (Yahya Kurniawan, abstrak)
  7. Leksikon Dalam Adat Perkawinan Masyarakat Suku Sasak Di Kecamatan Pujut: Sebuah Kajian Etnolinguistik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Muatan Lokal Di Smp Se-Kecamatan Pujut (Baiq Yuliatin Ihsani, abstrak)
  8. Transitivitas Dalam Terjemahan Teks Banyu Hurung:  Kajian Berdasarkan Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia  Di SMP (Rokhayatun, abstrak)
  9. Teks Gugatan Perceraian Di Pengadilan Agama Praya Sebuah Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Wacana Di Perguruan Tinggi (Lalu Wirajayadi, abstrak)
  10. Aspek Feminisme Dalam Bahasa Metaforis Epos Mahabharata Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (Ni Made Lami Wijati, abstrak)
  11. Fitur Linguistik Dan Non-Linguistik Penggunaan Bahasa SMS Pada Siswa SMPN 4 Mataram Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah (Endang Sriningsih, abstrak)
  12. Metafora Kealaman Dalam Lagu Daerah Sumbawa Sebuah Kajian Ekolinguistik Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Di SMP (Sahra, abstrak)
  13. Metafora Leksikal Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Kajian Berdasarkan Linguistik Fungsional Sistemik  Serta Relevansi Terhadap Pembelajaran Bahasa Di SMA (Yayuk Nuriyani Sudarko, abstrak)
  14. Tindak Tutur Dalam Sidang Dewan Perwakilan Perwakilan Rakyat Daerah:Sebuah Kajian Pragmatik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Di SMA (Siti Maryam, abstrak)
  15. Klausa Kompleks Dalam Rubrik Hukum Dan Kriminal Media Lombok Post: Kajian Linguistik Fungsional Sistemik  Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA (Hilmiyatun, abstrak)
  16. Pemerolehan Reduplikasi Bahasa Sasak Pada Anak Usia 9 Tahun: Sebuah Kajian Morfologi (Devo Rydya Saruris, abstrak)
  17. Pemerolehan Morfem Afiks Bahasa Indonesia Anak Usia 2-6 Tahun Di Paud Buana Desa Banyu Urip Kabupaten Lombok Tengah  (M. Aris Akbar, abstrak)

2014/2015
Periode II Maret Tahun 2015

  1. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pengguna Bahasa Sasak Dengan Bahasa Indonesia Di Dalam Keluarga Pada Materi Bercerita Bahasa Indonesia Siswa SMAN 1 Aikmel (Sahdan, abstrak)
  2. Bentuk, Fungsi, Dan Makna Lawas  Etnik Samawa Di Kabupaten Sumbawa Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Mulok Di SMP (Gellis Deka Salaqi, abstrak)
  3. Kata Majemuk Bahasa Sasak Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Muatan Lokah Di Sekolah Dasar (Waradatul Aini, abstrak)

2014/2015
Periode I Desember Tahun 2014

  1. Penerapan Pembelajaran Menggunakan Teknik Menulis Objek Langsung (Mol) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi : Kajian Empiris Pada Siswa Kelas Viii-C SMP Negeri 8 Mataram (Suherman, abstrak)
  2. Ungkapan Tradisional Dalam Wacana Bakatoan Adat Pernikahan Etnis Sumbawa Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Pendidikan Karakter Di SMP (Rini Qurratul Aini, abstrak)
  3. Kajian Semiotik Budaya Nyongkolan Dan Sorong Serah Aji Krameserta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar (Mardalina Emny, abstrak)

2013/2014
Periode IV September Tahun 2014

  1. Pengaruh Penggunaan Strategi 3M Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Se-Kabupaten Lombok Barat. (Hairuddin, Abstrak)
  2. Penyusutan Leksikon Bidang Pertanian Pada Masyarakat  Tutur Bahasa Sasak  Di Kecamatan Aikmel, Lombok Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Suatu Tinjauan Ekolinguistik). (Rohimah, Abstrak)
  3. Korelasi Pemberian Penguatan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Membaca Siswa Kelas X SMKN 1 Pujut Lombok Tengah. (Samsul Bahri, Abstrak)
  4. Perubahan  Sosial Pada Teks Lisan Putri Cilinaya Versi Sasak ; Sebuah Kajian Transformasi Dan Aplikasinya Dalam  Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Menengah Atas (SMA). (Eva Nurmayani, Abstrak)
  5. Teks Lagu Bedede Dalam Masyarakat Sasak: Analisis Bentuk, Fungsi, Makna Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. (Nursehan, Abstrak)
  6. Pengaruh Daya Tahan Stres Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. (Pipit Aprilia Susanti, Abstrak)
  7. Kajian Framing Pada Bahasa Propaganda Dalam Baliho Kompanye Pencitraan Caleg Dprd Provinsi Dapil Lombok Timur Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaranmata Kuliah Analisis Wacana Di Perguruan Tinggi. (Moh. Zainudin, Abstrak)
  8. Realisasi Kesantunan Imperatif Dalam Berdiskusi Pada Siswa SMA Negeri 1 Praya. (Syamsul Munir, Abstrak)
  9. Teks Nyanyian Permainan Tradisional Sasak: Kajian Bentuk, Fungsi Dan Makna Sebagai Pengembangan Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (PAUD) Di Taman Kanak-Kanak. (Lale Zohratul Warthy, Abstrak)
  10. Kajian Semiotik Dan Nilai Budaya Pada Motiv Kain Tenun Tradisional Gedogan Pringgasela Serta Pemanfaatanya Sebagai Bahan Ajar Muatan Lokal. (Alimuddin, Abstrak)
  11. Analisis Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Teks Babad Sakra Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA. (Baiq Siti Zahara, Abstrak)
  12. Bahasa “Siggi” Pemerolehan Multibahasa Anak Usia 4 Tahun. (Ahyati Kurniamala Niswariyana, Abstrak)
  13. Pola Komunikasi Guru-Siswa Di Dalam Kelas Pada Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia: Studi Pada Kelas Xi MA Darussalimin NW Sengkol-Mantang. (A. Muzakki Rahmatullah, Abstrak)
  14. Bentuk, Fungsi Dan Makna Mantra Sasak  Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Pada Sekolah Menengah. (Suherman, Abstrak)

2013/2014
Periode III Juni Tahun 2014

  1. Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Pada Pemberitaan Kekerasan Gender Dalam Media Cetak Lombok Post Dan Relevansi Terhadap Pembelajaran Wacana Di Perguruan Tinggi. (Irma Setiawan, Abstrak)
  2. Pidato Pembina Upacara Di Smp Negeri 2 Kuripan: Kajian Linguistik Funsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Wacana Di SMP. (Mohammad Wajdi, Abstrak)
  3. Teks Pelajaran Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas Iv Kurikulum 2013: Kajian Berdasarkan Linguistik Fungsional Sistemik. (Sri Sugiarto, Abstrak)
  4. Analisis Kesalahan Bahasa Tulisan Pada Naskah Dinas Di Sekretariat Daerah Pemkot Mataram Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Jenjang Pendidikan Menengah. (Akmaluddin, Abstrak)
  5. Visi Dan Misi Pemilihan Gubernur NTB Periode 2013-2018: Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Kebahasaan Di Perguruan Tinggi. (Ahmad Ansori, Abstrak)
  6. Kaidah Fonotaktik Bahasa Sasak Dialek Ngeno-Ngene Di Sambelia Dan Pemanfaatannya Terhadap  Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Sasak. (Hardi, Abstrak)
  7. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2-6 Tahun Di Paud Ingin Maju Di Desa Keselet Kabupaten Lombok Timur: Sebuah Kajian Psikolinguistik. (Zuhratun Sulihami, Abstrak)
  8. Makna Tekstual Teks Tapel Adam: Sebuah Kajian Linguistik Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Di SMA. (Nurul Hidayat, Abstrak)
  9. Erufemisme Pada Media Harian Lombok Post : Tinjauan Analisis Wacana Kritis Dan Integritasnya Dengan Pembelajaran Wacana Di SMP. (Zulkifli, Abstrak)
  10. Pantun Sasak: Kajian  Linguistik  Fungsional Sistemik Dan Relevansinya Dengan Pengajaran Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. (Lalu Ismail, Abstrak)
  11. Konstribusi Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah Dan Partisipasi Guru Dalam Kegiatan Mgmp Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Penelitian Pada Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Sma Dan SMK Se -KLU). (Sabri, Abstrak)
  12. Peran Pengawas Sekolah Jenjang Pendidikan Menengah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. (Dinap, Abstrak)

2013/2014
Periode II Maret Tahun 2014

 

  1. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Strategi Peta Pikiran Pada Sekolah Dasar (Etnografi Kelas V SD Negeri 4 Praya Kecamatan Praya). (Lalu Suhaimi Hamdi, Abstrak)
  2. Pembelajaran  Bahasa  Sasak Alus  Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Di  Kelas Rendah  Sekolah Dasar Sebagai Strategi Pemertahanan Bahasa Di Kabupaten Lombok Timur. (Halimatussakdiah, Abstrak)
  3. Penguasaan Kosakata Bahasa Asing Pada Anak Tk Dengan Metode Drilling Verbalisasi Kata. (Neni Suryanirmala, Abstrak)
  4. Pemerolehan Afiks Bahasa  Indonesia Pada Siswa Kelas B Tk Pgri Jerowaru Dan Relevansinya Dengan Keterampilan Berbicara. (Syafruddin Muhdar, Abstrak)
  5. Penggunaan Ejaanyang Disempurnakan (Eyd) Dalam Penulisanberita Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri7 Pujut Tahun Pelajaran 2012/2013. (Karap, Abstrak)
  6. Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Ilmiah Guru Pembina Golongan IV/A Dan Pembelajarannya Di Sekolah Menengah Atas Di Kota Mataram Tahun 2013. (Baiq Haimun, Abstrak)
  7. Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Melalui Bahasa Ibu Dan Kontribusinya Terhadap Pemertahanan Bahasa Sasak. (Baiq Desy Arfini, Abstrak)
  8. Pemerolehan Afiksasi Anak Usia Dini 0-5 Tahun Yang Berbahasa Ibu Bahasa Indonesia Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. (Fariyati, Abstrak)
  9. Konsep Tindih, Maliq, Merang Dalam Perspektif Budaya Sasak Pada”Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru” Karya Kyai Hamzanwadi Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Sastra SMAN 1 Wanasaba Sebagai Sarana Keunggulan Lokal. (M. Zahidi, Abstrak)
  10. Analisis Dialog Peran Naskah Mak Comblang Melalui Pendekatan Pragmatik Sebagai Unsur Pendidikan Drama. (Agus Wintarno, Abstrak)
  11. Revitalisasi Nilai Estetis Tembang-Tembang Teks Indarjaya Sasak Terhadap Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. (Lalu Ahmad Tijani Isnaini, Abstrak)
  12. Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia  Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Pada Paud Darun Naghom Bengkel  Kabupaten Lombok Barat. (Mismah, Abstrak)
  13. Nilai Moral Dalam Ungkapan Verbal Bahasa Sasak Masyarakat Pujut. (Moh. Sahruddin, Abstrak)
  14. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 0-4 Tahun Di Desa Terara Dan Relevansinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Paud : Sebuah Kajian Psikolinguistik. (Muhammad Isnaini, Abstrak)
  15. Perbandingan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dengan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMK Bayangkari. (Sahip, Abstrak)
  16. Nilai – Nilai Pendidikan Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari Dan Strategi Pembelajarannya Pada Bahasa Dan Sastra Di SMA 1 Suralaga : Kajian Semiotik. (Ahmad Afandi, Abstrak)
  17. Kualitas Ciptaan Puisi Siswa Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Kelas VII Di SMPN 5 Mataram Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. (Ramlah H.A. Gani, Abstrak)
  18. Analisis Kesetaraan Gender Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMPN 2 Batukliang. (Sulaeman, Abstrak)

2013/2014
Periode I Desember Tahun 2013

 

  1. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. (Mazhar, Abstrak)
  2. Pembelajaran Bahasa Dengan Menggunakan Media Lks Sebagai Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia Dini (Penelitian Eksperimen Di TK Al-Ikhsan Dasan Cermen). (Suzana, Abstrak)
  3. Pilihan Bahasa, Identitas, Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Keluarga Kawin Campur Di Kota Selong. (Haeziah, Abstrak)
  4. Potret Perjuangan Tokoh Utama Dan Nilai Didik Dalam Novel Guru Dane Karya Salman Faris Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di MA. (Badrin, Abstrak)
  5. Kajian Sosiologi-Sufistik Kumpulan Cerpen Memanjat Bukit Cahaya Karya Kuswaidi Syafi’ie Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA. (Afifuddin, Abstrak)
  6. Penggunaan Adjektiva Bertaraf Dan Tidak Bertaraf Pada Koran Harian Lombok Post Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sma (Sekolah Menengah Atas). (Lalu Purnama Zulkarnaen, Abstrak)
  7. Potret Kehidupan Manusia Modern Dalam Naskah Drama Egon Karya Saini Km Dan Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. (H. Habiburrahman, Abstrak)
  8. Konstruksi Nilai Moralitas Dalam Cerita Muasal Dusun Loloan Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Sastra Di Kelas VII SMPN 4 Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. (Isdin, Abstrak)

2012/2013
Periode IV September Tahun 2013

 

  1. Proses Pembentukan Kata Bahasa Bali Di Lombok Sebagai Bahan Ajar Di SDN 20 Cakranegara Kota Mataram. (Ni Nyoman Elly Setiawati, Abstrak)
  2. Penggunaan Multimedia Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Di SMPN Kota Mataram. (Farida Fitriani, Abstrak)
  3. Takepan Paras Nabi: Sebuah Kajian Resepsi Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di MTSN Model Praya Lombok Tengah. (Kemas Burhan, Abstrak)
  4. Perilaku Morpologis Dan Sintaktis Klitika Bahasa Sasak Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Mulok Di Sekolah. (Dahlan Adnan, Abstrak)
  5. Analisis Struktural Dan Semiotik Karangan Deskripsi Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa Di SD. (Baiq Umiati Radiatul Jannah, Abstrak)
  6. Teks Pidato Pelantikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Kajian Berdasarkan Linguistik Fungsional Sistemik Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Wacana Di Sekolah. (M.Muhlis, Abstrak)
  7. Kajian Sesenggak Sasak Dan Implementasinya Dalam Penanaman Nilai Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Pada Siswa SD Di Kecamatan Sakra, Lombok Timur. (Muhammad, Abstrak)
  8. Struktur Dan Nilai Moral Cerita Rakyat Bima Legenda La Hila Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra Di SMP. (Suciati, Abstrak)

2012/2013
Periode Juni Tahun 2013

 

  1. Pengembangan Model Maternal Reflektif (Mmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa. (Abas, Abstrak)
  2. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Dan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Taman Kanak-Kanak Di Kota Mataram. (Tutik Suprihatin, Abstrak)
  3. Bahasa Gaul Para Waria Di Kabupaten Lombok Tengah Dan Hubungannya Dengan Keterampilan Berbicara: Tinjauan Variasi Bahasa. (Diniarti Dachlan, Abstrak)
  4. Penggunaan Bahasa SMS Dan Hubungannya Dengan Prilaku Sosial Masyarakat Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Kabul, Abstrak)
  5. Penerimaan Dan Tanggapan Masyarakat Sasakterhadap Nilai – Nilai Cerita Rakyat Loq Dul Dait Loq Gok Dan Aplikasinya Dlam Pembelajaran Sastra Lisan Di SMP Kabupaten Lombok Timur. (Maimun Kurniawati, Abstrak)
  6. Nilai-Nilai Kultural Dalam Cerita Rakyat Bima“Wadu Ntanda Rahi” Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas X Di SMA. (Fatma, Abstrak)
  7. Tindak Tutur Direktif Guru SMP Negeri 11 Mataram Dalam Pembelajaran Di Kelas. (I Dewa Putu Sastrawan, Abstrak)
  8. Analisis Wacana Representasi Kasus Korupsi Pejabat Dalam Hatian Lombok Post Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Mata Kuliah Analisis Wacana Di Perguruan Tinggi. (Rini Susanti Putri, Abstrak)
  9. Pembelajaran Bahasa Multivarian Melalui Model Pembelajaran Tematik Sebagai Sarana Dalam Membangun Solidaritas Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. (Ana Agustryana, Abstrak)
  10. Idealisme Perjuangan Perempuan Sasak Dalam Novel “Merpati Kembar Di Lombok” Karya Nuriadi Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA 1 Kediri Lombok Barat. (Siti Zuhairini, Abstrak)
  11. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Sikap Terhadap Kinerja Guru Bahasa Indonesia Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat. (Laila Zarwatun, Abstrak)

2012/2013
Periode Maret Tahun 2013

 

  1. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Dengan Strategi Creative Thinking Dan Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Tahun 2012. (Lalu Srijaya, Abstrak)
  2. Press Release Humas Pemerintah Kabupaten Lombok Utara: Sebuah Kajian Berdasarkan Analisis Linguistik Fungsional Sistemik. (Budiman Ihwan, Abstrak)
  3. Efektivitas Model Aplikasi Formal Hull Dalam Pembelajaran Pidato Di SMA Negeri 2 Mataram. (Siti Nurhaidah, Abstrak)
  4. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas XI SMA Trisakti Mataram. (Nurdin, Abstrak)
  5. Efektivitas Penggunaan Media Anagram Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kebiasaan Berbahasa Pada Siswa Kelas III SD Di Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. (H.Ahmad Jalaluddin, Abstrak)
  6. Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Pada Sekolah Menengah Pertama Di Lombok Tengah Tahun 2012. (Muhadis Syarif M, Abstrak)
  7. Model musikalisasi dalam pembelajaran Apresiasi Puisi Di SMPN 15 Mataram. (Bambang Ibnu Sina, Abstrak)
  8. Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Literasi Fungsional Siswa (Penelitian Dan Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Lombok Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. (Nasrun, Abstrak)
  9. Pengembangan Potensi Nilai Kelokalan Cerita Rakyat Tesekeq-Sekeq Relavansinya Dengan Desain Pembelajaran Menulis Naskah Drama Di SMAN 1 Selong Lombok Timur. (Suazrin, Abstrak)
  10. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dialog Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Respons Verbal Dilengkapi Dengan Gambar (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelas X SMA Al-Ma’arif Mataram Kota Mataram). (Mustamin, Abstrak)
  11. Penerapan Peta Konsep Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Kelas X SMA 4 Kota Mataram. (Rukmini, Abstrak)
  12. Kesulitan Membuat Karya Ilmiah Guru Bahasa Indonesia Jenjang SMP Di Kota Mataram. (M. Ali H. Arahim, Abstrak)
  13. Fungsi Tindak Tutur Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Tanjung Tahun Pembelajaran 2012/2013. (Muhammad Najib, Abstrak)
  14. Pengaruh Sikap Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Bahasa Indonesia SMA (Studi Kasus Di Kabupaten Lombok Timur). (Nasir, Abstrak)

Periode Desember Tahun 2012

  1. Lawas Sumbawa Sebagai Basis Pembelajaran Bahasa Multivarian Pada Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. (Hibatullah, Abstrak)
  2. Pelesetan Nama Panggilan Dalam Bahasa Sasak : Kajian Fonologis Dan Relevansinya  Dengan Pengajaran Bahasa Di SMK. (Nurmawati, Abstrak)
  3. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Kompetensi Dasar Menulis Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. (Hj.Indah Deporawati, Abstrak)
  4. Analisis Bentuk Dan Makna Makian Bahasa Sasak Dialek Meriaq-Merikuq Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Pendidikan Karakter Di SMP. (Herianto, Abstrak)
  5. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Penguasaan Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Guru Menguasai Aksara Arab Melayu (Studi Kasus) Di SMA Jurusan Bahasa Se-Kota Mataram. (M. Shabri, Abstrak)
  6. Nilai – Nilai Religius, Etika Dan Sosial Dalam Cerita Rakyat Cupak Gutantang Dan Pengintergrasiannya Dalam Materi Pembelajaran Sastra SMP Sebagai Sarana Pendidikan Karakter. (Nurwahidah, Abstrak)
  7. Pembelajaran Kontekstual Dan Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi : Studi Etnografi Di SMP Negeri 1 Praya Kabupaten Lombok Tengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Rabitah, Abstrak)
  8. Pengaruh Media Gambar Seri Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SDN 2 Taman Sari, Gunung Sari. (Ratnah, Abstrak)

2011/2012
Periode Agustus Tahun 2012

 

  1. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Sekabupaten Lombok Tengah (Hapazah, Abstrak)
  2. Perjuangan Tokoh-Tokoh Perempuan Dalam Novel Dwilogi “Padang Bulan” Karya Andrea Hirata Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra” (Ilhamuddin Aminullah, Abstrak)
  3. Nilai-Nilai Kesantunan Berbahasa Tuturan  Dalang Ki Anom Suroto Pada Jejeran Lakon Parto Krama : Ke Arah Pendidikan Karakter (Edi Sunarko, Abstrak)
  4. Penerapan Pembelajaran Dengan Media Lagu Melalui Metode Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpuisi Siswa: Kajian Empiris Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 Mataram Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Mataram (Ria Saputri, Abstrak)
  5. Klitik Dan Deiksis Bahasa Mbojo Serta Konstribusinya Terhadap Pembelajaran Muatan Lokal (Suaidin, Abstrak)
  6. Pengembangan Model Pembelajaran Kemampuan Generik Dalam Menulis Cerpen (Studi Classroom Etnography Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Mataram) (Rabiyatul Adawiyah, Abstrak)
  7. Model Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan Media Permainan Boneka Pada Smp/Mts Sekecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah (Majri, Abstrak)
  8. Penerapan Pembelajaran Dengan Media Gambar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa SMP Negeri 2 Mataram (Ni Made Kembar Sailantini, Abstrak)
  9. Tugas-Tugas Pembelajaran Dalam Buku Teks Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMP Di Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (Suriadi, Abstrak)
  10. Implikatur Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Siswa Sma Muhammadiyah Mataram Pada Jejaring Facebook Dan Perancangannya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Menulis (I Nyoman Soma, Abstrak)
  11. Pemerolehan Kalimat Majemuk Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Kecmatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (Efendi, Abstrak)
  12. Reduplikasi Dalam Bahasa Bima Dan Pemanfaatannya Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Daerah Dalam Muatan Lokal (H. Nasaruddin M. Ali, Abstrak)
  13. Kestilistikaan Pada Lirik Tembang Sasak Gugur Mayang Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Puisi (Idham, Abstrak)
  14. Gender Perempuan Di Titik Nol Karya Nawal El-Sa’adawi Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra (Titin Ernawati, Abstrak)
  15. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction(Pbi) Dan Kreativitas Berpikir Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 4 Praya Tahun 2012 (Mohamad Ispandi, Abstrak)KEMBALI