Scroll to Top

Abstrak Tesis Magister Peng. Sd. Lahan Kering

Yudisium Januari 2017

  1. Pendugaan Parameter Genetik Melalui Persilangan Dialel Pada Ras Padi Bulu (Javanica) Vs Cere (Indica) Beras Merah, Hitam Dan Putih Asep Pebriandi   Abstrak
  2. Kajian Ketersediaan Air Untuk Pemenuhan Sistem Pertanian Lahan Kering Di Kawasan Hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) Renggung Lombok Tengah Fahrudin   Abstrak
  3. Efektivitas bioaktivator dan biochar hasil fermentasi dengan trichoderma spp. Terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (glycine max (l.) Merr.) Di tanah entisol Saipul Kamal   Abstrak
  4. Pengaruh Dosis Aplikasi Biochar Hasil Fermentasi Jamur Trichoderma  SPP. Biokompos dan fumigasi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai di tanah entisol lombok barat Sardian   Abstrak
  5. Respon Pertumbuhan dan Bobot Malai Kering Panen Tanaman Sorgum  (sorgum bicolor (l.) Moench) Akibat Pemberian Bahan Pembenah Tanah dan Penerapan Sistem Irigasi di Lahan Kering Lombok Utara  Adiansyah    Abstrak
  6. Parameter Genetik Dan Karakter Morfologi Hasil Persilangan Varietas Ipb 4s Dengan Galur Harapan Padi Beras Merah (Oryza Sativa L.) Baiq Ernawati   Abstrak
  7. Pertumbuhan Dan Daya Hasil Beberapa Genotipe Kacang Tanah Pada Cekaman Ganda (Kekeringan Dan Naungan) Ida Wahyuni   Abstrak
  8. Pemanfaatan campuran jamur trichoderma spp. Dan ekstrak fungisida nabati dalam menekan fusarium oxysporum f.sp. Capsici penyebab penyakit layu pada tanaman cabai Uswatun Hasanah   Abstrak

2014/2015

Periode IV September 2015

  1. Aplikasi Biokompos Stimulator trichoderma spp. Dan Biochar Tempurung Kelapa Untuk Pertumbuhan Dan Hasil Jagung (zea mays l.) Di Lahan Kering (Wawan Apzani, abstrak)
  2. UJI Dosis Aplikasi Biochar Dan Mikoriza Arbuskular (MA) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Jagung Di Lahan Kering Lombok Utara (Muhammad Aminuddin Munir, abstrak)
  3. Estimasi Serapan Karbon Dan Manfaat Ekonomi Pengelolaan Lahan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Melalui Skema Plan Vivo Di Kawasan Hulu Das Renggung Kabupaten Lombok Tengah (Ismail, abstrak)
  4. Aplikasi Biokompos Dengan Beberapa Suplemen Dan Biochar Tempurung Kelapa Hasil Fermentasi Jamur Trichoderma Sp. Untuk Memacu Pertumbuhan Dan Hasil Kedelai (glycine max (l.) Merrill) Di Lahan Kering (Irna Ilsanuriza, abstrak)
  5. Skenario Pengelolaan Hutan Rakyat Lestari Di Kabupaten Lombok Tengah (Wawan Darmawan, abstrak)
  6. Optimalisasi Penggunaan Sumberdaya Pertanian Pada Sistem Pertanaman Jarak Kepyar Di Daerah Lahan Kering Kabupaten Lombok Timur (Ni Made Shanti Paramita Sari, abstrak)
  7. Asosiasi Mikoriza Pada Pembibitan Raju Mas (Duabanga Moluccana Blume) Dengan Sumber Inokulum Rizosfer Dari Berbagai Jenis Tanaman Budidaya Dan Gulma (Wahyu Yuniati Nizar, abstrak)

2014/2015

Periode III Juni 2015

  1. Keragaman Pertumbuhan Dan Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung (zea mays.l) Akibat Pemberian Berbagai Aras Biochar Dengan Bioaktivator Trichoderma SPP. Di Lahan Kering (Eva Sri Utami, abstrak)
  2. Uji Dosis Biokompos Sampah Organik Rumah Tangga Hasil Fermentasi Dua Jenis Dekomposer Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah Di Lahan Kering (Sosiawan Putraji, abstrak)

2014/2015

Periode II Maret 2015

  1. Strategi Pengelolaan Taman Wisata Alam Suranadi Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat (Deny Rahadi, abstrak)
  2. Jeda Hujan (Dry Spell) Dan Curah Hujan Berbasisi Probabilitas Pada Tipologi Lahan Kering Di Lombok (Mahrup, abstrak)
  3. Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kekeringan Meteorologis Dan Kesesuaian Agroklimat Jagung Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (Nuga Putrantijo, abstrak)
  4. Pertumbuhan Dan Daya Hasil Galur Mutan Kacang Tanah Yang Diinokulasi Rhizobium Pada Cekaman Kekeringan (Sadmaka, abstrak)
  5. Analisis  Variabilitas Dan Perubahan Iklim Terhadap Kesesuaian Agroklimat Dan Proyeksi Produktivitas Kedelai  Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (Yuhanna Maurits, abstrak)
  6. Prospek Pengembangan Sayuran Organik Di Kota Mataram (Baiq Sri Wahyu Hidayati, abstrak)

2014/2015

Periode I Desember 2014

  1. Analisis Kinerja Gapoktan Dalam Pengelolaan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (Puap)  (Studi Kasus Pada Gapoktan Amanah Desa Senyiur Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur)  (Muhammad Nashruddin, abstrak)
  2. Respon Empat Varietas Kedelai Terhadap Beberapa Cara Aplikasi Inokulasi Mikoriza Arbuskular (Ari Apriani, abstrak)
  3. Aplikasi Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Penentuan Komoditi Pertanian Unggulan Di Kabupaten Sumbawa Barat (Eko Supriastuti, abstrak)
  4. Analisis Spasial Pengembangan Cengkeh(Eugenia Aromatica L.) Di Kabupaten Lombok Utara (Muhammad Anwar, abstrak)
  5. Tingkat Kepekaan Pada Berbagai Umur Tanaman Kedelai Terhadap Hama Penghisap Polong (Riptortus Linearis) Dalam Kondisi Cekaman Kekeringan (Baiq Diah Sri Fathiyani, abstrak)
  6. Possibility Of Applying Organic Compost To Farming In Lombok Island (Airi Kaneko, abstrak)

2013/2014

Periode IV September 2014

  1. Sikap Petani Tembakau Virginia Terhadap Program Kemitraan PT. Export Of Leaf Indonesia Di Pulau Lombok. (Bagus Juniarta Purnama, Abstrak)
  2. Uji Dosis Dan Cara Aplikasi Biokompos Hasil Fermentasi Jamur Endofit Dan Saprofit Trichoderma SP. Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Hibrida Di Lahan Kering. (Mastur, Abstrak)
  3. Implementasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) Di Pulau Lombok. (Nurul Hikmah Dinatan, Abstrak)
  4. Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif Resiko Usaha Tani Di Lahan Kering Kabupaten Lombok Tengah. (Bayu Paramayuda, Abstrak)
  5. Strategi Pengelolaan Resiko Di Lahan Kering Kabupaten Lombok Barat. (Ruspono, Abstrak)
  6. Ketahanan Pangan Masyarakat Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Barat. (Baiq Santi Rengganis, Abstrak)
  7. Penggunaan Biokompos Dan Bioaktivator Formulasi Butiran Yang Mengandung Trichoderma Spp Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Hasil Kedelai Di Tanah Entisol. (Burhanudin, Abstrak)
  8. Pengaruh Dosis Aplikasi Bikompos Dan Fma Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanamaan Kedelai (GLYCINE MAX (L.) Merr). (Nursiman, Abstrak)
  9. Analisis Ekonomi Penggunaan Bahan Bakar Dalam Pengomprongan Tembakau Virginia Di Kabupaten Lombok Tengah. (Lalu Ahmad, Abstrak)

2013/2014

Periode III Juni 2014

  1. Implementasi Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Pada Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Di Kabupaten Lombok Tengah. (I Gusti Lanang NS, Abstrak)
  2. Adaptasi Petani Terhadap Perubahan Iklim Melalui Tumpangsari Berbasis Jarak Kepyar (Ricinus Communis L.) Di Lahan Kering Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. (Hermansyah, Abstrak)
  3. Strategi Pengelolaan Resiko Lahan Kering Kabupaten Lombok Utara Menuju Pertanian Berkelanjutan. (Renny Retnowathi, Abstrak)
  4. Asosiasi Gulma Dengan Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) Pada Pertanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata (L.) R. Wilczek). (Ridha Yohaeni, Abstrak)
  5. Strategi Pengelolaan Resiko Di Lahan Kering Kabupaten Lombok Timur Menuju Pertanian Berkelanjutan. (Maryati, Abstrak)

2013/2014

Periode I Desember 2013

  1. Analisis Daya Dukung Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Kemiri Sebagai Bahan Bakar Alternatif Untuk Mendukung Pengomprongan Tembakau Di Pulau Lombok. (Budhy Setiawan, Abstrak)
  2. Serapan Nitrogen (N) Dan Hasil Tanaman Jagung Ketan Pada Dua Tingkatan Dosis Nitrogen (N) Dan Tumpangsari Dengan Kedelai Pada Jumlah Baris Berbeda. (Lalu Rahmadi Irwinsyah, Abstrak)
  3. Serapan Netrogen (N) Dan Pertumbuhan Tanaman Jagung Ketan Pada Dua Tingkat Dosis Nitrogen (N) Dan Tumpangsari Kacang Hijau Pada Berbagai Jumlah Baris Berbeda. (Parawinata, Abstrak)
  4. Dampak Kemitraan Terhadap Efisiensi Teknis Usahatani Kentang (Kasus Kemitraan PT. Indofood  Fritolay Makmur Dengan Petani Kentang Di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur). (Mahyuddin, Abstrak)

2012/2013

Periode IV September 2013

  1. Estimasi Nilai Ekonomi Jasa Lingkungan Eksosistem Hutan Lindung Dasa Meninting Kabupaten Lombok Barat. (Syaifullah, Abstrak)
  2. Uji Apltkasi Formulas Bioaktivator Jamur Saprofit Dan Endofit Trichoderma Spp Terhadap Penyakit Layu Fusarium Pada Beberapa Varietas Tanaman Kedelai ( Glycine Max ( L ) Merr. ). (Sulistiawati Fauzi, Abstrak)
  3. Penerapan GMP ( Good Manufacturing Practices ) Dan SSOP ( Standard Stanitation Operasional Procedures ) Pada Agroindistri Emping Jagung (Studi Kasus : UD. SEMETON JARI). (Baiq Sri Wahyuningsih, Abstrak)
  4. Analisa Permintaan Jagung Sebagai Pakan Ternak Di Pulau Lombok. (Sari Novida, Abstrak)
  5. Analisa Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Pada Usaha Tani Jagung Di Kabupaten Lombok Barat. (Hernawati, Abstrak)
  6. Uji Cara Aplikasi Biokompos Pada Beberapa Varietas Kedelai Di Lahan Kering. (Mas’ad, Abstrak)
  7. Pertumbuhan Serapan Nitrogen Dan Hasil Pada Gogo Beras Merah (Oryza sativa L.) Pada Tumpangsari Dengan Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.)Dan Kacang Hijau (Vigna Radiata (L) Wilczek). (Narita Amni Rosadi, Abstrak)
  8. Rancang Bangun Alat Penyirama Tanaman Otomatis Dengan Sistem Irigasi Tetes Berbasis Pompa Energi Surya Dari Sumber Air Sumur Tanah Dalam Pada Lahan Kering Di Pringgabaya Lombok Timur. (Amuddin, Abstrak)
  9. Analisis Titik Impas Untuk Menciptakan Efisiensi Produksi Usaha Tani Melon Di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. (Karjono, Abstrak)
  10. Evaluasi Pelaksanaan Agribisnis Tanaman Pangan Oleh LM3 Di Kabupaten Lombok Timur. (Sarmidi Mansur, Abstrak)

2012/2013

Periode Juni 2013

  1. Analisa Susut Hasil Padi Pada Lahan Sawah Tadah Hujan Dan Implikasinya terhadap perekonomian Di Kabupaten Lombok Tengah. (Lalu Mahyudin, Abstrak)

2012/2013

Periode Maret 2013

  1. Analisis Penawaran Jagung Di Provinsi NTB. (Arie Lestari, Abstrak)
  2. Efektivitas Program Simantri (Sistem Pertanian Terintegrasi) Dalam Menciptakan Kesempatan Kerja Dan Pendapatan Petani Di Kabupaten Buleleng, Bali. (I Gusti Ngurah Aryawan  Asasandi, Abstrak)
  3. Prospek Pengembangan Agrosylvopasture Sebagai Model Pembangunan Hutan Berkelanjutan Di Pulau Lombok. (Oman Somantri, Abstrak)
  4. Strategi Pemasaran Jagung Untuk Kebutuhan Industri Pakan Ternak:Studi Kasus Di  Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. (Muhammad Ridha Makruf, Abstrak)
  5. Spesialisasi Spasial Pertanian Dan Non Pertanian Tingkat Kecamatan Di Pulau Lombok. (Yudi Hermawan, Abstrak)

2012/2013

Periode Desember 2012

  1. Determinasi Kemiskinan Dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Di Kabupaten Lombok Barat. (Alia Wartiningsih, Abstrak)
  2. Analisis Keseimbangan Ekonomi Rumahtangga Petani Di Kabupaten Lombok Tengah. (Ari Listya Novitasari, Abstrak)
  3. Analisis Pemasaran Gaharu Di Pulau Lombok. (Eka Nurminda Dewi Mandalika, Abstrak)
  4. Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Terhadap Tingkat Penerapan Pengelolaan  Tanaman Terpadu Jagung Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Barat. (Erna Fahriyani, Abstrak)
  5. Strategi Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Unggulan Di Wilayah Kesatuan Pengelolan Hutan Lindung (KPHL) Rinjani Barat. (Firmansyah, Abstrak)
  6. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Inovasi Petani Pada Program  Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Timur. (H. Ruslan, Abstrak)
  7. Efektivitas Pelaksanaan Program Kebun Bibit Rakyat Di Sekitar Kawasan Hutan Di Kabupaten Lombok Barat Beserta Manfaatnya. (Hermiati, Abstrak)
  8. Ketahanan Morfologi Beberapa Varietas Unggul Kedelai Terhadap Hama Penghisap Polong (Riptortus Linearis) Pada Kondisi Cekaman Kekeringan. (Isman Sab’i, Abstrak)
  9. Uji Apikasi Jamur Trichoderms.Spp Dan Kompos Sebagai Agen Pengendali Hayati Penyakit Layu Fusarium Dan Pemacu Pertumbuhan  Beberapa Varietas Tembakau Virginia Di Lahan Kering. (Lalu Haryadi, Abstrak)
  10. Kajian Adaptasi Morfologi Dan Fisiologi Beberapa Galur Kedelai Hitam Terhadap Cekaman Kekeringan. (Lalu Halillirahman, Abstrak)
  11. Analisis Penentuan Model Pemberdayaan Kelompok Tani Kakao Di Kabupaten  Lombok  Utara. (Marzuki, Abstrak)
  12. Kajian Penyempurnaan Standarisasi Mutu Gaharu Nusa Tenggara Barat Jenis Gyrinops  Verstegii Dalam Perdagangan. (Sentot Adi Sasmuko, Abstrak)
  13. Dampak Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu Terhadap Perubahan Perilaku Petani Dan Produktivitas Usahatani Jagung Di Kabupaten Lombok Barat. (Siti Aminah, Abstrak)
  14. Kondisi Kelembagaan Kelompok Penerima Dana Jasa Lingkungan Di Wilayah Das Jangkok Dan Upaya Perbaikannya (Studi Kasus Program Pengembangan Jasa Lingkungan Institusi Multi Pihak). (Syahbudin, Abstrak)
  15. Kajian Karakteristik Internal Dan Eksternal Sebagai Pembentuk Motivasi Kerja Petani Dalam Usahatani Tembakau Virginia Pada Lahan Kering Di Pulau Lombok (Studi Komparatif Antara  Petani Mitra Dan Petani Swadaya). (Yahya Reza Adi, Abstrak)

2011/2012

Periode Agustus 2012

  1. Analisis Akses Pangan Rumah Tangga Petani Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Tengah. (Rinta Anggraini, Abstrak)
  2. Pemanfaatan Biochar Dan Kompos Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung (Zea Mays L.) Dan Perubahan Sifat Kimia Tanah Inceptisol Kabupaten Lombok Timur. (Budy Wiryono, Abstrak)
  3. I Wayan Sweca Yasa Pengaruh Umur Panen Dan Posisi Tandan Terhadap Kualitas Biji Jarak Kepyar (Ricinus Communis L, Abstrak)
  4. Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Bambu Di Pulau Lombok. (Nani Junaeni, Abstrak)
  5. analisis penggunaan berbagai bahan bakar dalam pengomprongan tembakau virginia di pulau lombok (kasus petani binaan PT. Export leaf indonsia) (Dedy Supriadi, Abstrak)
  6. Uji Aplikasi Bioaktivator Terhadap Pertumbuhan Dan  Hasil Beberapa Varietas Jagung (Zea Mays) Di Lahan Kering Kabupaten Lombok Utara. (Evi Winarni, Abstrak)
  7. Uji Aplikasi Kompos Hasil Fermentasi Jamur Endofit Dan Saprofit Trichoderma SPP. Untuk Meningkatkan Ketahanan Terinduksi Beberapa Varietas Pisang Terhadap Penyakit Layu Fusarium Di Lahan Kering. (Irfan Jayadi, Abstrak)
  8. Analisis Motivasi Petani Dalam Berusahatani Jarak Kepyar (Ricinus Communis. L) Di Kabupaten Lombok Timur. (I Made Anggayuda Pramadya, Abstrak)
  9. Evaluasi Galur Kacang Tanah Hasil Iradiasi Sinar Gamma Terhadap Cekaman Kekeringan. (Syarifinnur, Abstrak)
  10. Analisis Sosial Ekonomi Usahatani Jarak Kepyar Di Kabupaten Lombok Timur. (Yuni Harfikawati, Abstrak)
  11. Efektivitas Program Hutan Kemasyarakatan Di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus Pada Kawasan Hutan Lindung Sesaot Kabupaten Lombok Barat Dan Kawasan Hutan Lindung Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah) (Samsyiah Samad, Abstrak)
  12. Analisis Keuntungan Produk Pangan Olahan Jagung Di Kabupaten Lombok Barat. (Silvy Suarniati, Abstrak)
  13. Pengaruh Macam Stek Batang Terhadap Pertumbuhan Bibit Dua Genotipe Jarak Pagar (Jatropha Curcas L) Nusa Tenggara Barat. (Raden Roro Narwastu Dwirita, Abstrak)
  14. Adaptasi Petani Tanaman Pangan Terhadap Perubahan Iklim Di Kabupaten Lombok Tengah. (Lalu Hamdan Fadli, Abstrak)
  15. Pengaruh Kompos Terhadap Pengurangan Penggunaan Pupuk An-Organik Pada Sawi Putih (Brassica Pekinensis ) Di Lahan Kering. (B. Nitisari, Abstrak)

Periode Mei 2012

  1. Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Terhadap Tingkat Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Lahan Kering Di Kabupaten Lombok Tengah (M. Jaswadi Putra, Abstrak)
  2. Prospek Pengembagan Agroindustri Dodol Dan Manisan Pala Di Kabupaten Lombok Tengah. (Yulia Ratnaningsih, Abstrak)

Periode Pebruari 2012

  1. UJI DOSIS BIOCHAR DAN PUPUK NITROGEN TERHADAP EFISIENSI PENGGUNAAN AIR DAN PERBAIKAN SIFAT FISIK TANAH SERTA PERTUMBUHAN JAGUNG PADA TANAH PASIRAN LOMBOK UTARA (Mulyadi Hati Multazam, Abstrak)
  2. KAJIAN BIOCHAR TEMPURUNG KELAPA DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN EFISIENSI PENGGUNAAN PUPUK NITROGEN PADA TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) SERTA PERBAIKAN SIFAT TANAH BERPASIR KABUPATEN LOMBOK UTARA (Baiq Imran Surianingsun, Abstrak)
  3. PERKEMBANGAN PENGGUNAAN LAHAN DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (Nurrahmaniah, Abstrak)
  4. ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL LO’I PRAJA MASYARAKAT DAERAH KABUPATEN BIMA (Syaraswati, Abstrak)

Periode Nopember  2011

  1. PENGARUH JENIS PUPUK ORGANIK TERHADAP DAYA HASIL DAN BRANGKASAN SEGAR BEBERAPA POPULASI JAGUNG (Novianti Haryany, Abstrak)
  2. RESPON TANAMAN KEDELAI TERHADAP PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK DAN INOKULASI MIKORIZA DI TANAH PASIRAN (ENTISOL) (Sukmawati, Abstrak)
  3. MODEL PEMBANGUNAN PERTANIAN LAHAN KERING BERBASIS KOMODITI PISANG DI WILAYAH SELATAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Saprudin, Abstrak)
  4. PENGARUH PEMBERIAN JENIS DAN DOSIS KOMPOS HASIL FERMANTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI DI TANAH ENTISOL (Emiliyati, Abstrak)

2010/2011

Periode Mei dan Agustus 2011

  1. ANALISIS SISTEM KETERSEDIAAN DAN CADANGAN PANGAN MASYARAKAT PERDESAAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH (Lalu Mujahidin, Abstrak)
  2. ZONA PEMANFAATAN TRADISIONAL DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN TAMAN NASIONAL  STUDI KASUS TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (Agus Subarnas, Abstrak)
  3. RESPON BEBERAPA JENIS TANAMAN SEMUSIM TERHADAP DOSIS PUPUK N PADA SISTEM TUMPANGSARI DAN MONOKULTUR DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA (Muhammad Zairin, Abstrak)
  4. PENYELENGGARAAN PENYULUHAN PERTANIAN HUBUNGANNYA DENGAN PERUBAHAN PERILAKU PETANI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS JAGUNG LAHAN KERING DI KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT (Mutawalli, Abstrak)

Periode Pebruari 2011

  1. ANALISIS KEPUTUSAN USAHATANI KAKAO DI KABUPATEN LOMBOK UTARA (Ni Nyoman Satya Widari, Abstrak)
  2. OPTIMALISASI SUMBERDAYA PERTANIAN MELALUIINTEGRASI TANAMAN DAN TERNAK DI WILAYAH KERING KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA (Nuzuly Ilmia Cerminand, Abstrak)
  3. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEREMPUAN DI PERKEBUNAN KAKAO RAKYAT KABUPATEN LOMBOK UTARA (Widya Astuti, Abstrak)
  4. PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN SEKTOR PERKEBUNANAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT (Marlin Hardi, Abstrak)

Periode Nopember 2010 

  1. Uji Efektivitas Jamur Trichoderma harzianum Sebagai Biodekomposer Pada Beberapa Media dan Pengaruh Kompos Dalam Menekan Penyakit Rebah Kecambah (Nani Arianti; Abstrak)

2009/2010

  1. Efektivitas jamur saprofit dan fungi mikoriza arbuskular dalam menekan serangan jamur S. rolfsii dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan kedelai (Muhtajali; Abstrak)
  2. Efektivitas jamur endofit T. koningii dan saprofit T. harzianum dalam meningkatkan ketahanan terinduksi tanaman kedelai terhadap serangan jamur Fusarium sp. serta peranannya dalam memacu pertumbuhan kedelai (Glycine max (L.) MERILL) (Leman; Abstrak)
  3. Efektivitas penggunaan bahan pembenah tanah terhadap pertumbuhan, produksi dan serapan nitrogen pada sistem tumpangsari tanaman jagung dan cabe di lahan kering (Suyanto; Abstrak)
  4. Evaluasi pelaksanaan kebijakan pupuk bersubsidi di Kabupaten Lombok Timur (Ahmad Rifai; Abstrak)
  5. Identifikasi dan inventarisasi lahan kritis di Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat (Beri Hamdan; Abstrak)
  6. Kajian ketahanan pangan dan status gizi rumah tangga petani di daerah lahan kering Kabupaten Lombok Tengah (Arlita Chaeroni; Abstrak)
  7. Optimalisasi pola usahatani terpadu pada lahan kering di Kabupaten Lombok Barat (Damayanti Widyaningrum; Abstrak)
  8. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan hutan: Studi kasus model rehabilitasi areal eks hak pengusahaan hutan (HPH) di Kawasan Hutan Monggal Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Barat (Madani Mukarom; Abstrak)
  9. Pengaruh perilaku petani terhadap produktivitas lahan usahatani pasca SLPHT padi di Kabupaten Lombok Timur (Zainullah; Abstrak)
  10. Pemanfaatan dana ekonomi produktif untuk pengembangan usaha rumput laut di Kabupaten Lombok Tengah (Nurmawan; Abstrak)
  11. Peran pendampingan dalam pemberdayaan kelompok mandiri di daerah lahan kering dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Zainal Arifin; Abstrak)
  12. Studi ketahanan pangan rumah tangga di Kabupaten Lombok Barat (Iis Isnaeni; Abstrak)
  13. Studi Rantai Pemasaran Madu Alam (Basuki Winantu; Abstrak)

2008/2009 :

  1. Analisis faktor-faktor keberhasilan industri tahu tempe di Kota Mataram (I Nyoman Sinarta; Abstrak)

  2. Analisis kebijakan subsidi terhadap saya saing komoditi rumput laut di Kabupaten Lombok Tengah (Mistar; Abstrak)

  3. Analisis kelayakan usaha tambak pada lahan mangrove di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur (Lalu Dhea Burhanuddin; Abstrak)

  4. Analisis penentuan waktu jual gabah petani di Kabupaten Lombok Barat (Rhasydiana; Abstrak)

  5. Asosiasi fungsi mikoriza arbuskular dengan bawang merah pada berbagai konsentrasi penambahan Pb (Lalu Saladin Jufri; Abstrak)

  6. Dampak krisis ekonomi terhadap daya saing tembakau Virginia Lombok (Latif Yanti Wasitatun; Abstrak)

  7. Keberadaan spesies lalat buah Bactrocera sp. pada lahan kering di Kabupaten Lombok Barat (Hendro Yulistiono; Abstrak)

  8. Kemampuan jamur saprofit antagonis Trichoderma spp. dalam mengendalikan penyakit layu Fusarium oxysporum F. sp Cubense pada bibit pisang kultivar lokal (Achmad Budillah; Abstrak)

  9. Partisipasi wanita dalam program Participatory Integrated Development in Raifed Areas di Kabupaten Sumbawa (Ikhlas Suhada; Abstrak)

  10. Pemanfaatan jarak landi sebagai pengendali keong emas pada tanaman padi (Dedy Damhudy M. Khatim; Abstrak)

  11. Pengelolaan sumberdaya lahan kering aktivitas bakteri pelarut fosfat Azotobacter sp. dan peranan bahan organik pada tanah tercemar Pb. (Siti Alawiyah; Abstrak)

  12. Peranan jamur saprofit dan endofit potensial antagonis dalam meningkatkan ketahanan induksi bibit pisang terhadap penyakit layu Fusarium (Usman Fauzi; Abstrak)

  13. Respon beberapa varietas kedelai terhadap cekaman kekeringan pada berbagai fase pertumbuhan (Ulayati Ali; Abstrak)

  14. Respon tanaman bawang merah terhadap pemberian pupuk kompos pada tanah yang dikontaminasi (Nur Ilmiati; Abstrak)

  15. Strategi pemasaran tanaman hias eksklusif di Kota Mataram (Mohamad Fadil, Abstrak).

  16. Studi pemberdayaan kelompok tani peternak sapi melalui bantuan pinjaman langsung masyarakat di Kabupaten Lombok Barat (I Nengah Terima; Abstrak)

  17. Studi tentang kinerja Perum Bulog dalam menjamin stabilitas harga beras di Kabupaten Lombok Barat (Lalu Suparman; Abstrak)

2007/2008 :

  1. Analisis finansial pengelolaan sabut kelapa di Kabupaten Lombok Timur (Muhrim; Abstrak)

  2. Evaluasi daya hasil beberapa genotipe jagung bersari bebas di lahan kering di Pulau Lombok (Awaludin Hipi; Abstrak)

  3. Evaluasi pelaksanaan program beras miskin (raskin) di Kabupaten Sumbawa Barat (Fatmawati; Abstrak)

  4. Pengaruh pengolahan tanah dan penggunaan polysmer penyimpan air (PPA) terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung di lahan kering Kabupaten Sumbawa Barat (H. Syahabuddin; Abstrak)

  5. Prospek pengembangan komoditi jambu mete di Kabupaten Sumbawa Barat (Rusdi; Abstrak)

  6. Strategi peningkatan produkstivitas lahan dan pendapatan petani dalam usahatani lahan kering terpadu (LKT) di Kabupaten Sumbawa Barat (Muhammad Saleh; Abstrak)

  7. Uji efektivitas beberapa tumbuhan lokal Pulau Lombok sebagai bahan fungisida nabati untuk pengendalian jamur tular tanah (Juniawan; Abstrak)

  8. Uji teknik aplikasi jamur endofit dan saprofit Trichoderma spp. untuk meningkatkan ketahanan induksi tanaman vanili terhadap busuk batang Fusarium (I Gusti Bagus Sumbawanto; Abstrak)

2006/2007 :

  1. Evaluasi peran para pihak dalam pengelolaan model DAS mikro sape di DAS Dodokan Kabupaten Lombok Tengah (Suratman; Abstrak)

  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi pada usahatani jagung lahan kering di Kabupaten Sumbawa (Ni Wayan Rusmawati; Abstrak)

    KEMBALI