Pascasarjana Universitas Mataram dalam rencana pengembangannya mengacu pada Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Operasional (RENOP) Tahun Periode 2016 – 2020. Berikut tujuh sasaran yang ingin dicapai sesuaI Isu Utama/Strategis yang dikaji dari hasil Analisis Lingkungan (SWOT) baik ALI dan ALE kondisi Program Pascasarjana Universitas Mataram, yakni :

  1. peningkatan kualitas input mahasiswa sesuai standar internasional.
  2. peningkatan pelayanan pembelajaran sesuai standar internasional pendidikan pascasarjana, melalui penerapan Prosedur Operasional Baku (POB) Penjaminan Mutu Universitas Mataram.
  3. peningkatan kualitas output sesuai Aturan Akademik yang ditetapkan Ditjen Dikti, BAN-PT, BSNP, dan Universitas Mataram yang dituangkan pada Buku Pedoman Penyelenggaraan Akademik Pascasarjana Unram.
  4. peningkatan kualitas tesis mahasiswa dan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi internasional.
  5. penyediaan dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara
    berkesinambungan dan proporsional kepada dosen pascasarjana dengan melibatkan mahasiswa pascasarjana.
  6. penyediaan sistem informasi yang mudah diakses mahasiswa dan pemangku kepentingan (stakehorlders) melalui intranet dan berbasis Web (URL Program Pascasarjana Unram: www.pasca.unram.ac.id).
  7. peningkatan tata kelola aset, manajemen administrasi umum, dan manajemen keuangan sesuai POB yang di tetapkan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Unram.