Embrio berdirinya Program Pascasarjana (PPs) Universitas Mataram diawali dengan diijinkannya membuka Program Studi Magister Manajemen di bawah struktur organisasi Fakultas Ekonomi UNRAM oleh Ditjen Dikti pada tahun 1999 dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 153/DIKTI/Kep/1999 tanggal 13 April 1999. Selanjutnya pada tahun 2003 dibuka Program Studi Magister Ilmu Hukum di bawah struktur organisasi Fakultas Hukum dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 1877/D/T/2003 tanggal 13 Agustus 2003. Kemudian pada tahun 2004 dibuka dua (2) Program Studi, yakni Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering di bawah struktur organisasi Fakultas Pertanian UNRAM dengan SK Dirjen Dikti Nomor 3066/D/T/2004 tanggal 9 Agustus 2004 dan Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan di bawah struktur organisasi Fakultas Peternakan UNRAM dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 3798/D/T/2004 tanggal 21 September 2004.

Untuk pengelolaan yang lebih efektif, efisien dan produktif, maka pada tanggal 8 September 2005 dengan SK Rektor UNRAM Nomor: 8251/J18.H/HK.01.11/2005 ke-empat Program Studi Magister tersebut dikelola secara terintegrasi di bawah struktur organisasi Program Pascasarjana Universitas Mataram. Pada periode tahun 2005-2013 Ditjen Dikti telah memberi ijin pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Sains (2007), Magister Akuntansi (2009), Magister Ilmu Ekonomi (2009), Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (2009), Magister Teknik Sipil (2011), Magister Pendidikan Bahasa Inggris (2012), Magister Administrasi Pendidikan (2013), Magister Kenotariatan (2013) dan Program Studi Doktor Ilmu Hukum (2013), sehingga total semua program studi yang dikelola oleh Program Pascasarjana sebanyak 13, dengan rincian 1 (satu) Program Doktor dan 12 Program Magister. Dengan ditetapkannya Organisasi dan Tata Kerja Universitas Mataram dengan Kepmendikbud No 116 Tahun 2014 maka nama Program Pascasarjana Universitas Mataram berubah menjadi Pascasarjana Universitas Mataram.

Akan tetapi, pengelolaan terintegrasi Program Studi di bawah Pascasarjana hanya berlangsung 13 tahun. Sejak dikeluarkannya Keputusan Rektor Universitas Mataram Nomor: 3283/UN18/HK/2018 tanggal 12 Mei 2018 yang diberlakukan mulai tanggal 1 September 2018 bahwa, Program Studi Magister dan Doktor yang Monodisiplin atau Linier dengan Program Sarjana (S1) diserahkan pengelolaannya di bawah Fakultas terkait. Dengan demikian Pascasarjana UNRAM hanya mengelola tiga (3) Program Studi yaitu Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, Program Studi Magister Pendidikan IPA dan Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Namun demikian, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Mataram Pasal 70, bahwa Pascasarjana melakukan penjaminan mutu terhadap Program Studi Magister dan Doktor yang pengelolaannya di bawah Fakultas terkait.

Di awal berdirinya Program Pascasarjana UNRAM telah diangkat Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M.Agr., Ph.D sebagai Direktur dan Dr. Anang Husni, SH., MH sebagai Wakil Direktur. Memasuki pertengahan tahun 2008, jabatan Wakil Direktur diganti oleh Dr. Hirsanuddin, SH., M.H. Sejak tanggal 11 November 2015, Pascasarjana Universitas Mataram dipimpin oleh Prof. Ir. I Komang Damar Jaya, M.Sc.Agr., Ph.D sebagai Direktur, Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D sebagai Wakil Direktur I, dan Dr. Sukardi, S.Pd., M.Pd sebagai Wakil Direktur II.

Motto : ” KOMPETITIF, ADAPTIF, dan BERMUTU “

Adapun motto dari Pascasarjana Universitas Mataram adalah ”KOMPETEN, ADAPTIF, dan BERMUTU”. KOMPETEN maksudnya Pascasarjana UNRAM memiliki kompetensi dalam menyelenggarakan pendidikan pada level pascasarjana. ADAFTIF maksudnya Pascasarjana UNRAM mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi, lingkungan, dan tututan pasar (stakeholder). Sedangkan BERMUTU maksudnya Pascasarjana UNRAM mampu menyelengarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang bermutu dan mampu menghasilkan lulusan yang bermutu.

Visi :

“Visi Pascasarjana UNRAM adalah terwujudnya Pascasarjana yang berkualitas dan berdaya saing internasional pada tahun 2025.”.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing internasional.
  2. Melaksanakan kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya universitas berbasis riset (research university).
  3. Mengembangkan kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Mengembangkan sistem tatakelola yang efektif dan efisien.

Tujuan :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang baik, lancar, efisien, dan unggul.
  2. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dalam rangka menciptakan masyarakat ilmiah di kampus Universitas Mataram.
  3. Mengembangkan budaya riset di kalangan civitas akademika untuk mendorong terwujudnya Universitas Berbasis Riset.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka meningkatkan kinerja program secara berkelanjutan.

Sasaran :
Menghasilkan kualitas input, kualitas proses pembelajaran, dan kualitas output yang kompetitif adaptif dan berdaya saing tinggi, melalui:

  1. Peningkatan kualitas input mahasiswa sesuai standar internasional.
  2. Peningkatan pelayanan pembelajaran sesuai standar internasional pendidikan pascasarjana melalui penerapan Prosedur Operasional Baku (POB) Penjaminan Mutu Universitas Mataram.
  3. Peningkatan kualitas output sesuai Aturan Akademik yang ditetapkan Ditjen Dikti, BAN-PT, BSNP, dan Universitas Mataram yang dituangkan pada Buku Pedoman Penyelenggaraan Akademik Pascasarjana UNRAM.
  4. Peningkatan kualitas tesis mahasiswa dan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Internasional dan Jurnal Internasional Bereputasi.
  5. Penyediaan dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara berkesinambungan dan proporsional kepada dosen pascasarjana yang kegiatannya melibatkan mahasiswa Pascasarjana.
  6. Penyediaan sistem informasi yang mudah diakses mahasiswa dan para pemangku kepentingan (stakehorlders) berbasis Website (URL Pascasarjana UNRAM dapat diakses di www.pasca.unram.ac.id).
  7. Peningkatan tata kelola aset, manajemen administrasi umum, dan manajemen keuangan sesuai POB yang ditetapkan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) UNRAM.

Program Studi :
Pascasarjana Universitas Mataram saat ini memiliki 13 (tiga belas) Program Studi, yakni :

  1. Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering (MPSLK)
  2. Magister Pendidikan IPA (MP-IPA)
  3. Magister Administrasi Pendidikan (MAP)

Sekretariat :
Pascasarjana Universitas Mataram
Jalan Pendidikan No. 37 Mataram – 83125
Phone : +62 – 370 – 7506625
Facsimile : +62 – 370 – 7506625
Email : pasca@unram.ac.id
Website : www.pasca.unram.ac.id