Prosesi Pengukuhan dan Penyerahan Ijazah Secara Daring Mahasiswa Program Magister di lingkungan Pascasarjana Universitas Mataram Periode April Tahun 2020

Pandemi global yang disebabkan oleh wabah Novel Corona Virus telah membawa banyak sekali dampak bagi dunia. Sekolah – sekolah diliburkan, banyak kegiatan yang dibatalkan, dan menjadi hal yang penting bagi semua orang untuk tetap di rumah dan menghindari keramaian agar penyebaran virus dapat dihentikan.

Universitas Mataram hingga saat ini telah menerapkan Learn From Home dan Work From Home sejak Pemerintah mengeluarkan aturan mengenai pencegahan wabah covid-19 ini. Menurut aturan pemerintah tersebut, prosesi Wisuda Universitas Mataram menjadi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, Pascasarjana Universitas Mataram memutuskan untuk melaksanakan Prosesi Pengukuhan dan Penyerahan Ijazah secara daring yang akan berlangsung via Zoom Meeting.

Prosesi secara daring ini dilaksanakan pada 15 April 2020 dan dihadiri oleh para pengelola Pascasarjana Universitas Mataram dan Semua Mahasiswa yang akan dikukuhkan. Prof. Ir. M. Sarjan, M. Ag.CP., Ph.D selaku Direktur Pascasarjana membacakan daftar nama – nama mahasiswa untuk sebagai bentuk penyerahan Ijazah secara simbolis. Prosesi ini memang tidak semeriah Prosesi Perayaan Wisuda, dan masih jauh dari sempurna. Tetapi dengan pengukuhan ini, diharapkan mahasiswa yang telah lulus dapat menjadi kenangan yang akan diingat di kemudian hari.

Lihat prosesi pengukuhan pada video di bawah ini :