Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bagi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram

Peserta bersama Direktur Pascasarjana dan Pemateri Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unram

Para dosen yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat menyelenggarakan pelatihan penulisan pada jurnal internasional bagi dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Mataram. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis – Jumat, 25 – 26 April 2019 di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Mataram. Para dosen yang menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M. Sc.; Dr. Gunawan, M. Pd.; Dr. Imam Bachtiar, M. Sc.; Dr. Gito Hadiprayitno, M. Si.; dan Dr. Prapti Sedijani, M. Sc., Ph.D.

Sebanyak 40 mahasiswa dan 10 dosen mendaftarkan diri dan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Acara diawali dengan pembukaan pada hari Kamis, 25 April 2019 dan dihadiri juga oleh direktur pascasarjana Universitas Mataram, Prof. Ir. I Komang Damarjaya, M. Sc. Agr., Ph.D. dalam sambutannya, beliau memberikan dorongan kepada mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian dan mempublikasikannya pada jurnal-jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasinal terakreditasi.

Materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan peserta dan diharapkan dapat membantu para peserta mempublikasikan artikelnya lebih awal. Agar kegiatan menjadi bermakna dan bermanfaat secara maksimal, praktek-praktek juga diberikan, termasuk tutorial mengunggah tulisan pada jurnal-jurnal tertentu. Materi pertama adalah motivasi menulis dan pentingnya artikel ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M. Sc. Pembicara kedua adalah Dr. Gito Hadiprayitno, M. Si., yang menjelaskan tentang regulasi terkait artikel ilmiah dan pemilihan atau pencarian jurnal tujuan. Materi ketiga adalah tentang kerangka artikel ilmiah dan poin penting pada setiap bagian naskah, yang disampaikan oleh Dr. Prapti Sedijani, M. Sc., Ph.D. Setelah waktu istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi keempat oleh Dr. Imam Bachtiar, M. Sc. Yang berbicara tentang trik-trik penting dalam publikasi ilmiah serta alasan-alasan penolakan tim redaksi jurnal. Sebagai penutup dan kesimpulan pada hari pertama, Dr. Gunawan, M. Pd. menyampaikan materi tentang pemanfaatan IT untuk penulisan artikel ilmiah, persiapan naskah, cover letter, dan cara mengirimkan artikel ilmiah. Selanjutnya, pada hari kedua, pelatihan lebih banyak diisi dengan praktek. Mulai dari praktek membuat akun pada ORCHID.ID, cara memeriksa tingkat akreditasi jurnal tujuan, hingga cara mengunggah artikel ilmiah pada jurnal tujuan.

Leave a Comment