Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Prodi Magister Administrasi Pendidikan di Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019

Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Prodi Magister Administrasi Pendidikan di Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019

Kegiatan KKL merupakan salah satu mata kuliah wajib di prodi Magister Administrasi Pendidikan  yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan bobot 2 SKS. KKL ini dilaksanakan pada semester IV. Mata kuliah yang merupakan kegiatan intrakurikuler KKL non-keguruan yang dilaksanakan di luar kampus ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa, baik di dalam substansi bidang Administrasi Pendidikan maupun sistem penjaminan mutu pendidikan.  Kegiatan KKL merupakan perpaduan antara teori dan praktik, yang sekaligus merupakan action research bagi mahasiswa prodi Magister Administrasi Pendidikan, dimana para mahasiswa peserta KKL, dibawah bimbingan dosen pembimbing dan pamong di lapangan, Dengan demikian, mereka diharapkan mampu melihat, mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan teori-teori ilmu administrasi yang mereka peroleh dibangku kuliah dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan praktis di lapangan, sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Berdasarkan pemikiran tersebut, kegiatan KKL non-keguruan bidang administrasi pendidikan ini perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar dapat bermanfaat bagi mahasiswa sesuai kurikulum yang ditawarkan dan bagi kesinambungan program studi Administrasi Pendidikan Universitas Mataram sendiri. 

Kegiatan KKL Magister Administrasi Pendidikan bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman praktis, baik di dalam substansi bidang Administrasi Pendidikan maupun Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Kegiatan KKL mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Ruang lingkup dari kegiatan KKL di Universitas Negeri Semarang dengan agenda kuliah umum tentang sistem akademik Universitas Negeri Semarang khususnya pada Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang, pengelolaan dan penulisan artikel jurnal UNNES dan studi pustaka penelitian tesis di Perpustakaan UNNES. Kunjungan mhs Program Pascasarjaan Program Studi Administrasi Pendidikan UNRAM ke Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNNES dilaksanakan pada hari/ tanggal Juma’t – Sabtu, 15 – 16 Februari 2019. Kedatangan mahasiswa MAP Pascasarjana UNRAM disambut langsung oleh Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd. selaku Wakil Direktur Bid. Akademik & Mawa. Menerima kunjungan dengan baik KKL sekaligus memberikan sambutan mengenai tidak hanya kegiatan KKL mahasiswa namun berharap untuk ditingkatkan kerjasama dalam bidang pertukaran dosen UNNES dengan Prodi M.AP Pascasarjana UNRAM. Dan dan Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. Sebagai Koordinator Prodi Manajemen Pendidikan S2/S3 Pascasarjana UNNES beserta beberapa dosen dan staf lainnya.

Acara penerimaan dan Menandatanganan MoU Pascasarjana Manajemen Administrasi UNNES dgn PPs Administrasi Pendidikan UNRAM. 
Jum’at, 15 Februari 2019

Workshop Manuskrip Penulisan Artikel IlmiahSabtu, 16 Februari 2019

Pelaksanaan FGD Jum’at, 22 Februari 2019 hasil dari workshop manuskrip di UNNES. Ruang kuliah PPs UNRAM Lantai 3 

Leave a Comment