Scroll to Top
Berita

Workshop Penulisan Artikel Terpublikasi Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa Magister Bidang Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Mataram

Kamis, 2 November 2017 Program Studi Magister Bidang Pendidikan melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Terpublikasi Jurnal Ilmiah bagi para mahasiswanya dengan mengundang Dr. H. Rusdiawan, M. Pd. dan Dr Sukardi, M. Pd sebagai pembicara. Kegiatan ini dilakukan karena didasarkan atas beberapa tuntutan: (1) Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Dalam aturan tersebut ditentukan bahwa mahasiswa pascasarjana wajib mempublikasikan hasil risetnya pada jurnal nasional terakreditasi bagi mahasiswa magister dan publikasi pada jurnal internasional bereputasi bagi mahasiswa doktor; (2) surat edaran Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Nomor 444/B/SE/2016 tentang implementasi SN-DIKTI pada program Magister, Doktor dan Doktor Terapan. Dalam kebijakan tersebut mengharuskan Mahasiswa Program Magister menerbitkan karya ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan atau jurnal internasional; (3) peraturan menteri pendayagunaan aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 yang menegaskan bahwa publikasi ilmiah di jenjang nasional maupun internasional harus menjadi suatu kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tuntutan-tuntutan ini dengan jelas mensyaratkan kewajiban publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi sebagai syarat lulusan program magister.

Disamping itu, tentunya kegiatan ini terus dilakukan untuk mengejar pencapaian visi misi Program Pascasarjana Universitas Mataram. Tujuan utamnya adalah untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa magister bidang pendidikan menyusun dan mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional.

 

 

Like it? Share it!

Leave A Response